12 Informasi Bahaya Tidur Larut Malam

12 informasi bahaya tidur larut malamharus Anda ketahui, jika Anda masih memiliki kebiasaan buruk dalam waktu tidur malam. Banyak sekali dari kita yang sangat tidak perduli atau mengabaikan jam tidur malam. Padahal sangat berbahaya jika dalam sehari Anda tidur hanya empat atau lima jam saja, dan tidur larut malam. Kemudian hal ini berlangsung secara rutin pada setiap hari.

Dapat dipastikan akan memiliki banyak efek yang sangat berbahaya bagi kondisi tubuh Anda. Efek itu seperti mudah emosi, wajah menjadi pucat, lambat dalam berpikir, kulit menjadi kusam, jerawatan, berat badan bertambah, menurunnya libido, dan yang paling berbahaya adalah, bisa terkena serangan jantung dan stroke.
12 Informasi bahaya tidur larut malam
Bahaya tidur larut malam
Masih banyak lagi efek buruk yang akan terjadi jika Anda sering begadang. Bahkan bisa menyebabkan kematian. Tidur malam sangat penting bagi kesehatan tubuh. Tidur malam maksimal delapan jam. Dengan demikian kondisi kesehatan Anda menjadi lebih sehat dan bugar. Penelitian telah membuktikan bahwa orang yang tidur malam secara teratur yaitu delapan jam, mereka memiliki hidup lebih lama. Mari kita lihat bahaya dari efek kurang tidur tersebut di bawah ini;

1. Tidur larut malam dapat mengakibatkan otak lambat berpikir

Orang yang sering tidur larut malam memiliki kemampuan rendah dalam berpikir dan tidak dapat mencerna sebuah informasi dengan baik. Mereka sangat sulit untuk berkonsentrasi. Diketahui bahwa orang yang tidur larut malam atau kurang tidur juga tidak bisa menyimpan pengetahuan dalam jangka waktu yang lama.

2. Sering tidur larut malam dapat mengakibatkan kematian

Penelitian telah membuktikan bahwa, sering tidur larut malam dapat berakibat pada kematian. Orang yang memiliki jadwal tidur yang tidak teratur, dan tidur malam hanya empat sampai lima jam saja, membuat mereka jauh dari istirahat. Kondisi fisik menjadi sangat lemah. Bila hal ini terus berlangsung maka memiliki risiko tinggi terhadap penyakit jantung dan stroke.

3. Mengakibatkan kualitas libido yang rendah

Seperti yang telah diketahui bahwa, baik wanita atau pria yang sering tidur larut malam atau kurang tidur memiliki kualitas libido yang sangat rendah, dan kurang bergairah dalam berhubungan seks. Hal ini karena kondisi fisik yang sangat lemah. Seseorang yang seringkali tidur larut malam memiliki energi yang sangat sedikit dan mengalami ketegangan dalam tubuh yang pada akhirnya dapat menghambat keinginan untuk melakukan hubungan seks. Pria yang menderita sleep apnea, akan memiliki kadar testoteron lebih rendah pula yang kemudian dapat menurunkan libido.

4. Dapat menyebabkan kulit kusam

Tidur tepat pada waktunya dan dengan jumlah yang normal yaitu tujuh sampai delapan jam dapat melembabkan kulit. Tidur juga dapat membantu meningkatkan aliran darah ke kulit, kata Dr. Bank. Namun apabila Anda tidur larut malam dan hanya tidur empat sampai lima jam saja, maka kulit Anda menjadi kering dan kusam. untuk itu tinggalkanlah kebiasaan buruk Anda.

5. Bisa menyebabkan timbulnya jerawat

Mau wajah cerah mulus tanpa ditumbuhi banyak jerawat? Tidurlah tepat waktu dan dalam jumlah yang cukup, sebab apabila Anda tidak cukup tidur, dan tidur larut malam, maka Anda akan mengalami stres, tidak hanya itu, tubuh Anda juga akan menghasilkan hormon glikorotikoid. Dengan demikian struktur kulit Anda akan benar-benar terganggu sehingga lebih rentan tumbuh jerawat.

Efek bahaya lain dari tidur sudah larut malam yaitu:

  • Bawah mata Anda menjadi hitam
  • Kulit mengeriput
  • Muka tidak segar
  • Pusing
  • Kulit wajah berminyak
  • Pengaruh ke lambung
  • Gampang masuk Angin
  • Meriang
  • Badan pegal-pegal

6. Dapat menyebabkan wajah Anda tampak tua

Anda tidak perduli dengan jam tidur, maka jangan menyesal ya wajah Anda akan tampak lebih tua dari usia Anda yang sebenarnya karena Anda sering tidur larut malam, dan tidur hanya empat sampai lima jam. Tubuh Anda akan mengeluarkan kortisol yang berlebihan, dan hal ini diketahui dapat memecah kolagen, yang merupakan protein yang tugasnya adalah untuk membuat kulit Anda menjadi elastis dan halus.

7. Dapat melemahkan daya ingat And

Tidur malam sangat penting bagi tubuh. Seseorang yang selalu memperhatikan jadwal tidur dengan baik dapat membantu daya ingatnya menjadi baik pula. Seperti telah diketahui bahwa, peristiwa otak yang disebut sebagai gelombang tajam yang dipakai untuk membantu mengkonsolidasikan memori yang membuat banyak hal yang sudah Anda pelajari agar mudah diakses oleh otak. Tidur larut malam dapat sangat merugikan memori jangka panjang Anda, sehingga kemungkinannya sangat besar Anda menjadi seorang yang sangat pelupa.

8. Dapat menyebabkan berat badan Anda bertambah

Sebaiknya tiap malam tidur 7 sampai 8, karena bisa menolong tubuh Anda mempertahankan selera makan. Secara otomatis Anda juga mengontrol jam makan malam Anda. Hal tersebut karena tidur larut malam dapat meningkatkan produksi hormon ghrelin yang berfungsi untuk merangsang rasa lapar dan menurunkan produksi leptin yang dapat menekan nafsu makan berlebihan, sehingga dapat mengakibatkan obesitas.

9. Sangat rentan terhadap penyakit karena sistem kekebalan tubuh lemah

Tidak meperhatikan jumlah tidur malam Anda dengan baik sangat rentan terhadap penyakit. Hal ini karena sistem kekebalan tubuh mereka menurun. Penelitian telah membuktikan bahwa, tidur malam cuma empat atau lima jam saja lebih mungkin untuk memiliki penyakit jantung, diabetes dan stroke. Tidak hanya itu, diketahui juga bahwa, tidur larut malam dapat mengurangi efektivitas terhadap vaksinasi tertentu.

10. Dapat menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi

Seperti diketahui bahwa, tidur larut malam dapat menimbulkan penyakit berbahaya seperti diebetes, ginjal, jantung, liver. Bisa juga penyakit kronis yang lain. Jangan pernah abaikan tidur malam. Apapun kesibukan Anda, misalkan Anda harus bekerja lembur, Anda harus mencuri waktu untuk tidur disela-sela pekerjaan Anda. Ini untuk kesehatan tubuh Anda sendiri.

11. Dapat menyebabkan stres

Jika Anda setiap hari tidur tengah malam maka jangan heran kalau Anda mengalami dan merasa stres sepanjang hari, karena tubuh Anda secara alami akan melepaskan hormon stres kortisol, ini menurut Dr. Shalini Paruthi, yang adalah seorang direktur Pediatric Sleep.

12. Menyebabkan wajah Anda menjadi pucat

Seluruh aktivitas Anda tidak dapat dilakukan dengan benar karena sering tidur terlalu malam. Bahkan bisa menimbulkan risiko kecelakaan bagi Anda yang berkenderaan. Wajah Anda juga terlihat pucat. Jadi, tinggalkan kebiasaan buruk Anda tidur larut malam. Mulailah dengan memperhatikan dan mengatur jadwal tidur Anda.


Demikianlah 12 informasi bahaya tidur larut malam yang perlu Anda ketahui. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih sudah Membaca. Salam sehat.
IkeCong
IkeCong Ia adalah seorang yang biasa-biasa saja. Masih banyak belajar. Penikmat sastra. Senang menulis Berbagai hal yang bermanfaat.

Post a Comment for "12 Informasi Bahaya Tidur Larut Malam"