7 Manfaat Belimbing Bagi Tubuh Manusia

7 Manfaat belimbing bagi tubuh manusia
7 Manfaat belimbing
bagi tubuh manusia
7 Manfaat belimbing bagi tubuh manusia. Belimbing adalah buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Kaya dengan vitamin C dan juga vitamin A. Memiliki serat yang tinggi dan kadar air serta rendah kalori. Belimbing merupakan buah lokal Indonesia. Hampir di setiap pasar tradisional para pedagang menjual buah belimbing.
Ternyata belimbing tidak hanya sebagai buah lokal masyarakat Indonesia, tetapi belimbing juga di kenal sebagai buah lokal di negara-negara lain seperti di Malaysia, India, Srilanka dan Filipina.

Buahnya yang berwarna kuning segar, banyak air, Asam manis dan dagingnya yang renyah menarik minat setiap orang untuk mengonsumsinya apalagi di daerah-tropis. Buah ini menjadi primadona bukan saja dari segi rasa, akan tetapi juga dari segi manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Mari kita lihat 7 manfaat besar dari buah primadona ini;

1. Belimbing dapat membantu Anda menurunkan berat badan

Seratnya yang tinggi dan mengandung kadar air, serta rendah kalori, dan memiliki komposisi karbohidrat yang signifikan menjadikan belimbing sangat ideal untuk membantu Anda menurunkan berat badan.

2. Belimbing sangat membantu mendukung sistem pencernaan

Belimbing memiliki cukup banyak serat. Serat yang terkandung dalam belimbing dapat merangsang gerak Peritalistik dan meningkatkan Sekresi asam lambung, yang memudahkan pencernaan, mencegah kondisi seperti sembelit, dan melindungi tubuh dari kondisi yang lebih serius seperti kanker Kolorektal.

Serat yang terdapat dalam belimbing dapat mengikis kolesterol dari arteri dan pembuluh darah.
Satu cangkir belimbing mengandung 4 gram serat makanan.

3. Belimbing tidak menyebabkan lonjakan gula darah Anda dibandingkan dengan makanan lain

Makanan tinggi Indeks Glikemik (GI) adalah makanan yang berpotensi manaikkan gula darah seperti; nasi putih, roti putih, akan mudah memecah dan menyebabkan gula darah dan lonjakan tingkat insulin setelah makan, yang diikuti dengan meningkatnya gula darah.

Akan tetapi belimbing lebih lambat diserap ke dalam aliran darah dan dapat mencegah meningkatnya gula darah.

4. Belimbing dapat membantu menjaga terkontrolnya tekanan darah.

Belimbing sarat dengan kalium dan memiliki kandungan rendah natrium. Belimbing sangat bermanfaat untuk kesehatan karena memiliki kandungan kalium yang tinggi.

Satu cangkir belimbing mengandung 176 miligram kalium dibandingkan dengan hanya 2,6 miligram sodium. Hal ini dapat membantu pembulu darah menjadi rileks dan mempertahankan tekanan darah tetap stabil.

5. Belimbing dapat membantu Anda melawan infeksi

Satu cangkir belimbing mengandung 76% dari kebutuhan harian vitamin C per cangkir. Vitamin C adalah anti oksidan yang larut dalam air, dan membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan menghilangkan penyebab kanker radikal bebas dalam tubuh.

6. Belimbing sangat bagus untuk menjaga rambut Anda tetap alami dan tampak sehat

Mengenai asupan vitamin C tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga dapat memelihara kolagen, protein penting yang terdapat di rambut dan kulit. Belimbing juga mengandung vitamin A yang berfungsi untuk menjaga rambut lembab melalui peningkatan produksi sebum.

7. Belimbing dapat membantu kualitas tidur Anda menjadi lebih baik

Belimbing telah dikenal dalam membantu tidur Anda dengan kadar tinggi maknesium yang merupakan mineral yang secara langsung terkait dengan peningkatan kualitas, waktu tidur, dan ketenangan tidur.

Belimbing juga dapat mengatur metabolisme, membantu mengurangi ganguan tidur dan terjadinya Insomnia.

Catatan : sumber daya tambahan: Fakta gizi dari belimbing, suplemen serat dapat menurunkan risiko kardiovaskular dalam penderita diabetes tipe 2. Belimbing dapat meningkatkan kalium.

Demikianlah beberapa manfaat penting dari belimbing. Semoga bermanfaat bagi Anda. Terimakasih sudah membaca. Salam sehat.
IkeCong
IkeCong Ia adalah seorang yang biasa-biasa saja. Masih banyak belajar. Penikmat sastra. Senang menulis Berbagai hal yang bermanfaat.

Post a Comment for "7 Manfaat Belimbing Bagi Tubuh Manusia"