10 Manfaat Pisang Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh

Hidangkan pisang setiap hari di atas meja
makan Anda. Getty Images

       Banyak sekali manfaat pisang yang kita ketahui, selain khususnya yang sangat berhubungan dengan kesehatan tubuh manusia, pisang juga dapat diolah pula menjadi berbagai makanan kesukaan masyarakat. Baik di Indonesia, maupun di negara-negara luar. Pisang sangat gampang di temukan. 

       Kalau Anda melakukan perjalanan di daerah-daerah di Indonesia, maka Anda akan melihat banyak sekali tanaman pisang di pekarangan rumah maupun di kebun. Dengan demikian kita mengetahui bahwa masyarakat Indonesia sudah sangat akrab dan gemar mengonsumsi buah pisang. Harganya sangat terjangkau.

       Di Indonesia sendiri ada terdapat beberapa jenis pisang antara lain; pisang ambon, pisang cavendish, pisang mas, pisang raja, pisang susu, pisang kepok, pisang nangka, pisang tanduk, dan masih banyak lagi jenis pisang yang tidak disebutkan secara meluas satu per satu, oleh karena pembahasan dalam artikel ini lebih di khususkan pada fungsinya sebagai 'kesehatan untuk tubuh manusia'

       Kita masuk pada pembahasan Manfaat pisang yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia; pisang dapat membantu menurunkan berat badan, mengurangi obesitas, menyembuhkan gangguan usus, menghilangkan sembelit, dan menyembuhkan kondisi seperti disentri, anemia, tuberkolosis, atritis gout, ganguan ginjal, gangguan kemih, masalah haid, dan luka bakar. 

       Selain itu pisang juga baik untuk mengurangi tekanan darah, melindungi kesehatan jantung, memodifikasi metabolisme tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi keparahan ulkus, membantu menyehatkan mata, membangun tulang yang kuat, dan sebagai dektosifikasi tubuh.


Pisang mentah yang dimakan secara langsung dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh. Pisang harus dimakan dalam betuk dimasak terlebih dahulu khususnya untuk pisang yang diolah menjadi makanan. Anda disarankan untuk makan pisang yang sudah matang.

       Banyak manfaat obat dari pisang yang dikaitkan dengan vitamin yang kaya mineral, dan kandungan senyawa organik.
Mari kita lihat manfaat kesehatan yang begitu penting dari buah pisang ini;


1. Nilai gizi dari pisang
Pisang merupakan salah satu pilihan buah yang sehat untuk dikonsumsi selama bertahun-tahun, oleh karena memiliki kandungan gizi yang sangat baik, yang meliputi vitamin seperti; vitamin C, vitamin B6, riboflavin, volat, asam pantotenat, dan riacin, serta sejumlah vitamin lainnya.

2. Pisang sebagai mineral
Pisang dapat memberikan sejumlah besar kalium, mangan, magnesium, dan tembaga. Pisang juga merupakan sumber yang sangat baik dari serat makanan dan protein.

3. Obesitas
Pisang sangat baik untuk menurunkan berat badan. Pisang hanya memiliki sekitar 90 kalori. Mengandung banyak serat dan mudah dicerna selain itu tidak mengandung lemak apapun. Oleh karena itu pisang sangat baik disertakan dalam program diet Anda.

Serat pisang dapat membuat orang yang sedang menjalankan program diet tidak merasa lapar, karena pisang dapat menghambat pelepasan hormon rasa lapar, ghrelin. Hal ini akan mengurangi makan yang berlebihan, menjaga kesehatan tubuh, dan menurunkan berat badan secara alami.

4. Tulang kuat
Pisang adalah salah satu buah yang terbaik untuk menjamin tulang kuat, tulang sehat sepanjang hidup Anda. Salah satu alasan terbaik adalah; adanya fructooligosaccharide yang merupakan prebiotik dan akhirnya probiotik, bakteri menguntungkan dalam saluran pencernaan kita yang meningkatkan asupan mineral dan nutrisi oleh tubuh.

Secara khusus, pisang terkait dengan peningkatan penyerapan kalsium.
Beberapa pisang juga memiliki asam lemak rantai pendek, yang tidak dapat diserap oleh tubuh manusia, akan tetapi organisme yang hidup di lapisan perut kita dapat mengonsumsi asam-asam lemak yang meningkatkan kemampuan mereka untuk menyerap mineral seperti kalsium.

Kalsium adalah suatu unsur yang paling penting dalam produksi dan pertumbuhan kembali materi tulang dalam tubuh, sehingga mengurangi kemungkinan osteoporosis dan kelemahan alami yang terkait dengan penuaan.
Berbagai senyawa dalam pisang anti-inflamasi di alam, yang berarti bahwa mereka dapat mengurangi pembengkakan, peradangan, dan iritasi dari berbagai kondisi seperti arthritis dan gout. 

Kondisi ini sangat umum, jika Anda menjalani program diet yang buruk atau diet yang tidak sehat. Oleh karena itu, menambahkan pisang dalam program diet Anda adalah sangat baik.

5. Mengatasi sembelit
Sejumlah besar serat makanan yang terkandung dalam pisang dapat membantu memperlancar buang air besar. Membantu meringankan seseorang dari sembelit. Pisang juga dapat membantu dalam mengobati ganguan usus lainnya. Serat mampu massal membantu untuk merangsang gerak peritalistik tubuh, yang membantu untuk mengurangi kondisi pencernaan yang tidak sehat, serta kanker kolorektal. 

6. Pisang digunakan sebagai antasida

Sudah bertahun-tahun pisang telah digunakan sebagai makanan antasida untuk menenangkan sakit perut. Dapat menekan sekresi asam. Senyawa organik yang terdapat dalam pisang merangsang aktivitas sel-sel di lapisan perut kita untuk membangun penghalang pelindung terhadap asam.

Pisang yang mengandung inhibitor protease, yang menghilangkan dari sejumlah barlkteri yang berbahaya yang telah dikaitkan dengan mengurangi bahaya terhadap ginjal dari sejumlah kondisi yang berbeda. Kalium membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh, dan juga mendorong buang air kecil.

Hal ini dapat membantu untuk menjaga racun dari tubuh melalui peningkatan frekuensi dan volome buang air kecil. Selain itu, ada polifenol, senyawa antioksidan dalam buah pisang yang berdampak positif  bagi fungsi ginjal dan akumulasi racun, sementara juga merangsang berfungsinya ginjal.

7. Pisang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata
Pisang seperti buah-buah yang lainnya yang dikemas dengan antioksidan dan karotenoid, serta campuran yang terdapat dari mineral yang serius dapat meningkatkan kesehatan mata Anda. Degenerasi makula, katarak, rabun senja, dan glaukoma semuanya telah terbukti menurunkan dengan asupan normal  pisang dan buah-buahan lain yang sejenis.

8. Pisang melindungi kardiovaskular 
Pisang merupakan bagian penting dari kesehatan jantung secara keseluruhan untuk berbagai alasan. Pertama-tama, pisang merupakan sumber yang kaya kalium, sehingga mengurangi tekanan darah tinggi, karena pisang vasidilator. Dengan mengurangi ketegangan arteri atau vena, darah dapat mengalir lebih lancar melalui tubuh dan mengoksidasi berbagai organ tubuh untuk meningkatkan fungsi mereka.

Hal ini dapat membantu menghilangkan arterosklerosis dan strok berikutnya dan serangan jantung yang begitu umumnya terkait dengan kondisi tersebut. Serat dalam pisang juga dapat membersihkan kelebihan kolesterol dari arteri dan pembuluh darah. Sebagai pesan lebih lanjut dari mengurangi stres pada sistem kardiovaskular.

9. Pisang membantu mengobati anemia
Pisang mengandung kadar besi yang tinggi, karena itu membantu dalam mengobati anemia karena zat besi merupakan bagian penting dari sel darah merah. Mengapa anemia terjadi, itu karena sel darah merah rendah yang disebabkan oleh kekurangan zat besi.

Anemia juga memiliki kandungan yang signifikan dari tembaga, yang merupakan elemen penting dari penciptaan sel darah merah dengan meningkatkan jumlah sel darah merah, Anda tidak hanya mencegah anemia, tetapi Anda juga dapat meningkatkan sirkulasi keseluruhan bagian tubuh, sehingga oksigen ke berbagai organ dan mengoptimalkan fungsi mereka.

10 MANFAAT PISANG YANG LUARBIASA BAGI KESEHATAN TUBUH MANUSIA

10. Masalah haid
Bunga pisang dapat membantu dalam memberikan bantuan dari sakit yang berlebihan pendarahan selama siklus menstruasi serta gangguan menstruasi lainnya.


Demikianlah beberapa manfaat penting dari pisang. Mari kita budayakan hidup sehat dengan mengonsumsi buah-buahan. Pilihlah buah-buahan lokal antara lain pisang, dan sajikan setiap hari di atas meja makan Anda. Terimakasih sudah membaca. Salam sehat.



Source:
www.organicfacts.net

IkeCong
IkeCong Ia adalah seorang yang biasa-biasa saja. Masih banyak belajar. Penikmat sastra. Senang menulis Berbagai hal yang bermanfaat.

Post a Comment for "10 Manfaat Pisang Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh"