12 Manfaat Kesehatan Dari Tomat Bagi Tubuh

12 Manfaat kesehatan dari tpmat bagi tubuh
Manfaat kesehatan tomat
Getty Images
12 Manfaat kesehatan dari tomat bagi tubuh yang harus Anda ketahui. Di dalam berbagai menu masakan, tomat tidak pernah ketinggalan. Baik dalam masakan yang sederhana, sampai kepada masakan yang istimewa. Jika melihat buah tomat mentah segar berwarna merah di pasar atau di kebun, rasanya kita ingin langsung memakannya.

Ada begitu banyak manfaat kesehatan dari tomat yang tersembunyi. Melihat warnanya yang merah, kita dapat mengetahui bahwa tomat mengandung karotenoid, dan Sejumlah besar antioksidan yang dapat membantu melawan kanker. Tomat dapat membantu mengurangi tekanan darah, diabetes, mengurangi kadar kolesterol, membantu merangsang sirkulasi darah, dan mencegah penuaan dini.

Tomat sangat kaya dengan vitamin dan nutrisi. Vitamin A yang sangat tinggi, juga vitamin C, dan vitamin K, vitamin B 6, folat, dan thiamin. Selain itu tomat juga memiliki serat makanan dan protein. Memiliki senyawa organik seperti lycopene.

Masih banyak lagi manfaat kesehatan dari tomat ini yang mungkin sebagian dari kita belum mengetahuinya dengan baik. Nah, mari kita lihat yuk;

1. Manfaat kesehatan tomat bagi pencernaan

Mengonsumsi tomat dapat menjaga kesehatan pencernaan. Diketahui pula dapat membantu mencegah sebelit, dan diare. Tomat juga memiliki sejumlah serat yang membantu merangsang pertalistik pada otot pencernaan halus. Melepaskan asam lambung, dan pencernaan, serta dapat mengatur pergerakan usus, sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan.

2. Manfaat kesehatan tomat bagi kulit

Konsumsi tomat sangat baik bagi kesehatan tubuh secara umum. Tomat sangat baik bagi kesehatan kulit, karena mengandung vitamin C yang dibutuhkan tubuh, khususnya kulit dan juga antioksidan tinggi yang dapat menjaga kerusakan kulit akibat terpapar terik matahari sinar UV.

3. Manfaat kesehatan tomat bagi jantung

Vitamin B yang terkadung dalam tomat, dan juga kalium diketahui dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan menurunkan tekanan darah. Sertakanlah tomat dalam diet seimbang harin Anda dalam jumlah normal, dapat efektif dalam membantu mencegah serangan jantung dan strok.

4. Manfaat kesehatan tomat bagi mata

Mengonsumsi tomat sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan mata, oleh karena tomat ini mengandung vitamin A yang memiliki antioksidan tinggi. Membantu meningkatkan visi dan kebutaan karena efek dari radikal bebas, dan degenerasi makula.

5. Manfaat kesehatan tomat bagi diabetes

Berdasarkan sebuah studi yang telah dilakukan oleh Journal of American Medical Association bahwa, apabila Anda mengonsumsi tomat secara teratur dalam diet harian Anda maka, tomat dapat membantu untuk mengurangi stres oksidatif diabetes tipe 2. Tentunya diikuti pula dengan gaya hidup yang sehat.

6. Manfaat kesehatan tomat bagi tekanan darah tinggi

Kalium yang terkandung dalam tomat dapat mengurangi ketegangan pada pembuluh darah dan arteri. Membantu mengurangi stres pada jantung. Dengan demikian mengonsumsi tomat setiap hari dengan jumlah normal, bisa membantu mengurangi risiko dalam pengembangan hipertensi.

7. Manfaat kesehatan tomat bagi empedu

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa, mengonsumsi tomat secara teratur dengan jumlah normal, dapat membantu mencegah penyakit kandung empedu.

8. Manfaat kesehatan tomat bagi saluran kemih

Mengonsumsi tomat secara teratur dengan jumlah normal, dapat membantu mengurangi infeksi yang terjadi pada kandung kemih, dan kanker kandung kemih. Tomat memiliki kadar air tinggi sehingga dapat membantu merangsang buang air kecil. Juga menghilangkan racun dari tubuh, dan kelebihan asam urat.

9. Manfaat kesehatan tomat bagi kanker prostat

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh John Erdman, PhD, yang adalah seorang Profesor Emeritus dari departemen ilmu makanan dan nutrisi di University of Illnois, yang mengatakan bahwa "sangat baik, kuat, dan dukungan epidemiologi untuk peningkatan dalam konsumsi produk tomat sehingga rendah indikasi dari kanker prostat.

10. Manfaat kesehatan tomat bagi depresi

Tomat mengandung Asam folat yang fungsinya untuk membantu depresi dalam mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan di dalam tubuh yang dapat mencegah darah dan nutrisi lain mencapai otak.

11. Manfaat kesehatan tomat bagi tulang

Konsumsilah tomat setiap hari secara teratur dengan jumlah normal, karena tomat mengandung kalsium yang besar dan juga vitamin K, sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang.

12. Fanfaat kesehatan tomat bagi kanker

Beberapa penelitian yang sudah dilakukan dan mengemukakan bahwa lycopene tingkat tinggi, dan antioksidan yang terdapat dalam tomat yang fungsinya membantu menghentikan sel kanker endometrium. Hal ini dilalukan oleh sebuah penelitian di Nutrition and Cancer.

Catatan Penting;
Tomat memang sangat baik bagi tubuh, karena mengandung vitamin C dan antioksidan tinggi, Namun, jika mengonsumsi tomat dalam jumlah berlebihan akan berdampak tidak baik bagi kesehatan. Anda dianjurkan untuk tidak mengonsumsi tomat dalam jumlah besar atau berlebihan. Segala sesuatu bila berlebihan tentulah tidak baik!

Dibawah ini ada beberapa efek dari mengkonsumsi tomat secara berlebihan
12 Manfaat kesehatan dari tomat bagi tubuh
Efek mengkonsumsi tomat berlebihan.
Getty Images
1. Mengkonsumsi tomat secara berlebihan dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh
Jika Anda mengonsumsi tomat secara rutin dalam jumlah besar, maka dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh, dan memperlambat fungsi tubuh.

2. Mengkonsumsi tomat secara berlebihan dapat menggangu sistem pencernaan
Mengonsumsi tomat berlebihan dapat mengaggu sistem pencernaan. Selain itu perut terasa kembung.

3. Mengkonsumsi tomat secara berlebihan memiliki efek pada ginjal
Bagi Anda yang memiliki riwayat sakit ginjal ringan, hindarilah mengonsumsi tomat secara berlebihan. Mengingat tomat sangat kaya kalsium dan oksalat, dengan demikian tubuh Anda susah untuk mencerna. Sehingga dapat terjadi penumpukan di ginjal, dan kemudian membentuk batu-batu ginjal yang tadinya berukuran kecil menjadi besar.

4. Mengkonsumsi tomat secara berlebihan dapat menyebabkan warna kulit beruh
Konsomsi tomat setiap hari dalam jumlah besar dapat menyebabkan kulit Anda berubah warna menjadi agak oranye.

5. Mengkonsumsi tomat secara berlebihan dapat menjadi over dosis vitamin
Tomat memiliki vitamin C yang tinggi, juga vitamin A. Jika Anda mengonsumsi tomat dalam jumlah besar, maka sudah tentu overdosis. Anda akan merasakan sakit kepala, bahkan sampai mual.

Demikianlah penjelasan mengenai 12 Manfaat kesehatan dari tomat 
bagi tubuh, dan 5 efek dari mengkonsumsi tomat secara berlebuhan. Semoga bermanfaat bagi Anda. Terimakasih sudah membaca. Salam sehat.
IkeCong
IkeCong Ia adalah seorang yang biasa-biasa saja. Masih banyak belajar. Penikmat sastra. Senang menulis Berbagai hal yang bermanfaat.

Post a Comment for "12 Manfaat Kesehatan Dari Tomat Bagi Tubuh"