11 Manfaat Penting Wortel Bagi Kesehatan Tubuh

11 Manfaat pentingvwortel bagi kesehatan tubuh
Wortel sangat bermanfaat bagi tubuh. Getty Images
Inilah 11 manfaat penting dari wortel bagi kesehatan tubuh yang harus Anda ketahui. Seperti sayuran-sayuran yang lain, wortel juga diketahui penuh dengan berbagai vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan tubuh. Wortel merupakan sumber vitamin A, vitamin C. Memberikan 210 % dari kebutuhan orang dewasa. Adapun beta-karotenlah yang memberikan warna oranye pada wortel. Beta-karoten tersebut diserap dalam usus dan diubah menjadi vitamin A. Selain itu wortel ini juga mengandung vitamin K, kalium, folat, mangan, fosfor, magnesium, vitamin E, dan seng. Sungguh luar biasa bukan?

Apa saja manfaat penting dari wortel ini? Dapat membantu memperbaiki pencernaan, membantu meningkatkan kesehatan jantung, sebagai detoksifikasi tubuh, meningkatkan kesehatan kulit, dan masih segudang manfaat lagi dari wortel ini. Mari kita lihat satu-persatu manfaat penting wortel bagi kesehatan secara umum di bawah ini.

1. Manfaat kesehatan wortel dalam membantu mencegah penyakit jantung

Menurut sebuah studi yang telah mengungkapkan terpeutik dari wortel, peneliti Wolfson gastrointestinal Laboratorium di Edinburg, Skotlandia yang mengungkapkan bahwa kadar kolesterol turun rata-rata 11 % apabila mengonsumsi tujuh ons wortel mentah dalam jumlah normal selama tiga minggu. Tentu kita telah ketahui bahwa kolesterol merupakan sumber bagi berbagai penyakit.

Mengonsumsi wortel secara teratur dalam jumlah mormal, dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam menjaga masalah yang berhubungan dengan jantung. Ada sebuah studi yang lain yang di lakukan di Morio Negri Institute Penelitian Farmakologi di Italia, menemukan bahwa, mereka yang mengonsumsi lebih wortel memiliki 1/3 risiko tinggi serangan jantung di bandingkan dengan mereka yang mengonsumsi lebih sedikit.

2. Manfaat kesehatan wortel dalam membantu mencegah stroke

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard University yang mengemukakan bahwa, orang yang mengonsumsi lima atau lebih wortel dalam seminggu dapat membantu mengurangi menderita stroke, daripada mereka yang hanya mengonsumsi satu wortel saja dalam sebulan.

Asupan wortel dalam jumlah normal setiap hari membantu mengurangi risiko stroke sebesar 68%. Serat yang terdapat dalam wortel juga dapat membantu menghilangkan kelebihan kolesterol LDL "kolesterol jahat" yang terdapat pada dinding arteri.

3. Manfaat kesehatan wortel dalam membantu meningkatkan penglihatan

Mengonsumsi wortel secara teratur dalam jumlah normal, dapat membantu meningkatkan fungsi penglihatan pada mata. Diketahui bahwa, orang yang kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kesulitan melihat dalam cahaya redup. Selain itu juga dapat membantu mencegah kondisi seperti rabun senja.

4. Manfaat kesehatan wortel bagi penderita diabetes

Mengkonsumsi wortel dalam jumlah normal sangat baik bagi regulasi gulah darah, oleh karena kandungan karotenoid dalam wortel ini. Karotenoid mempengaruhi resistensi insulin dan gula darah, sehingga dapat membantu pasien diabetes tersebut menjalani keseharian hidup yang sehat.

Karotenoid ini juga mengatur insulin dan glukosa yang sedang digunakan, dan dimetabolisme oleh tubuh. Wortel diketahui memiliki antiseptik, karena itu digunakan sebagai salah satu obat pencahar, vermicides.

5. Manfaat kesehatan wortel dalam meningkatkan visi

Seperti telah kita ketahui bahwa, mengonsumsi wortel dalam jumlah normal sangat baik bagi kesehatan tubuh, karena wortel kaya dengan beta-karoten yang dapat diubah menjadi vitamin A, yang kemudian ditransformasikan ke dalam retina, untuk rhodopsin, pigmen ungu yang dibutuhkan untuk penglihatan malam hari.

6. Manfaat kesehatan wortel bagi pencernaan

Seperti sayuran lainnya, maka wortel juga memiliki jumblah besar serat makanan, dimana serat merupakan hal yang sangat penting yang fungsinya untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan. Fiber yang terkandung dalam wortel menambah massal untuk tinja, selain itu, merangsang gerak pertalistik, dan sekresi asam lambung.

Secara keseluruhan dapat membantu dalam mengurangi kondisi parah seperti sembelit, dan melindungi usus dan perut dari panyakit terkait; kanker kolorektal.

7. Manfaat kesehatan wortel dalam melindungi gigi dan gusi

Mengonsumsi wortel secara teratur dalam jumlah normal, dapat secara langsung membersihkan gigi dan juga mulut. Wortel merangsang gusi dan memicu banyak air liur, yang menjadi alkali, membatu dalam menyeimbangkan keluar bakteri pembentuk asam rongga. Kemudian, mineral yang terdapat dalam wortel mencegah kerusakan gigi.

8. Manfaat kesehatan wortel dalam membantu mencegah kanker

Mengonsumsi beta-karoten dari wortel dapat membantu menurunkan risiko kanker paru-paru. Sebuah penelitian di Inggris telah menemukan bahwa, peningkatan dalam mengonsumsi beta-karoten 1,7 - 2,7 miligram per hari dapat membantu mengurangi risiko kanker usus besar sebanyak 24%.

Sebaliknya ada sebuah studi yang lain juga mengemukakan bahwa; perempuan yang mengonsumsi wortel mentah lima hingga delapan kali, lebih mungkin mengembangkan kanker payudara dibandingkan dengan wanita yang tidak mengonsumsi wortel.

Penelitian lebih lanjut sedang berlangsung tentang hal tersebut di atas terhadap wortel dan beta-karoten dalam kaitannya dengan bentuk lain dari kanker.

9. Manfaat kesehatan wortel dalam membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Mengonsumsi wortel dapat membantu meningkatkn kekebalan tubuh, hal ini karena wortel mengandung sejumlah antiseptik, dan antibiotik yang menjadikannya penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Wortel juga merupakan sumber vitamin C yang baik, yang dapat merangsang aktivitas sel darah putih, dan salah satu elemen penting dalam sistem kekebalan tubuh.

10. Manfaat kesehatan wortel dalam meningkatkan kesehatan kulit

Kandungan vitamin A dan anti-oksidan dalam wortel dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV matahari. Apabila kekurangan vitamin A, maka sangat mempengaruhi kulit, kuku, dan rambut. Kulit menjadi kering, rambut kusam, begitu juga dengan kuku.

11. Manfaat kesehatan wortel dalam membantu membersihkan racun dalam tubuh

Vitamin A yang terdapat dalam wortel, dapat membantu hati membersihkan racun dari tubuh. Serat yang ada dalam wortel membantu mengurangi lemak di hati, mempercepat gerakan limbah, dan membantu membersihkan usus besar.

Catatan
Mengonsumsi wortel memang sangat baik bagi kesehatan tubuh, namun jika dikonsumsi setiap hari dengan jumlah yang besar, maka dapat mengakibatkan efek yang tidak baik bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa efek samping dari mengonsumsi wortel dalam jumlah yang besar.

7. Efek samping dari mengonsumsi wortel dalam jumlah besar


1. Dapat meninmbulkan alergi

Mengonsumsi wortel dalam jumlah besar, dapat menyebabkan reaksi alergi pada tubuh. Beberapa efek samping yang umum terjadi seperti ruam kulit, diare, reaksi anafilaksis, gatal-gatal, dan bengkak.

2. Perubahan warna kulit

Apabila mengonsumsi wortel dalam jumlah besar, maka kulit akan berubah warna menjadi oranye, yang disebabkan oleh beta-karoten, kandungan karotenoid yang ada dalam wortel tersebut. Hal ini dapat dilihat lebih jelas pada wajah, telapak tangan, dan telapak kaki.

3. Wortel tinggi kadar gula

Bagi Anda penderita diabetes, mengonsumsi wortel bukan suatu pilihan yang baik bagi tubuh Anda, oleh karena wortel diketahui memiliki kadar gula tinggi dengan indeks glikemik 97. Gula akan dikonversi menjadi glukosa dan kemudian meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh dengan cepat. Anda dapat memilih untuk mengukus wortel terlebih dahulu sebelum dikonsumsi dalam jumlah kecil saja.

4. Dapat berinteraksi dengan spesifik penyakit

Bagi Anda penderita diabetes, kadar gula darah rendah, masalah usus, dan masalah hormon, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum memasukan wortel dalam diet Anda. Wortel dapat berintersaksi dengan penyakit-penyakit tersebut, dan memicu menjadi lebih buruk.

5. Tidak aman untuk bayi

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa, wortel tidak aman untuk anak-anak kecil, oleh karena itu sangat penting memperhatikan takaran pada bayi, dengan hanya memberikan porsi kecil wortel saja.

6. Mengandung pestisida

Penelitian telah menunjukkan bahwa, wortel mengandung 26 pestisida. Dari 26 pestisida itu, 8 berpotensi dapat menyebabkan kanker, 16 mengganggu hormon dalam tubuh, 3 dari mereka menyebabkan masalah saraf, dan reproduksi. Untuk itu, batasilah mengonsumsi wortel.

7. Dapat menyebabkan flantulance

Diketahui bahwa, wortel mengandung 12 gram karbohidrat, dan 4 gram serat. Ketika serat dan karbohidrat tidak dapat dicerna dalam usus Anda, maka mereka akan menjadi fermentasi di usus besar. Hal ini menyebabkan pembentukan gas di usus, menyebabkan kram perut, dan juga kembung.

Demikianlah 11 manfaat penting wortel bagi kesehatan tubuh, serta 7 efek samping mengonsumsi wortel dalam jumlah besar. Semoga artikel ini dapat
berguna bagi Anda. Terimakasih sudah membaca. Salam sehat.
IkeCong
IkeCong Ia adalah seorang yang biasa-biasa saja. Masih banyak belajar. Penikmat sastra. Senang menulis Berbagai hal yang bermanfaat.

Post a Comment for "11 Manfaat Penting Wortel Bagi Kesehatan Tubuh"