14 Solusi Penting Pengobatan Rematik Secara Alami

14 solusi penting pengobatan rematik
Solusi penting pengobatan
rematik. Getty Images
14 solusi penting pengobatan rematik secara alami, dapat menjadi solusi yang sangat penting yang harus Anda pertimbangkan bagi Anda yang sudah mengalami atau terserang rematik. Anda akan merasakan nyeri pada lutut, tangan, pinggul, atau sendi-sendi lainnya di seluruh tubuh. Atau juga mengalami suatu nyeri tanpa sebab. Hal ini sangat mengganggu aktivitas keseharian Anda. Itu adalah peradangan dari satu atau lebih dari sendi Anda.

Selain rasa sakit dan nyeri yang sangat mengganggu, ada pula beberapa gejala yang umum yaitu, terjadinya pembengkakan dan kemerahan di sekitar sendi, sehingga dapat membuat gerakan menjadi begitu terbatas dan kaku pada bagian tubuh yang terkena arthritis tersebut. Diketahui pula bahwa rheumatoid arthritis ini bervariasi mulai dari sakit atau nyeri ringan sampai pada kasus yang parah.

Dengan demikian apabila Anda mengalami rheumathoid arthritis parah, maka Anda dapat menghubungi dokter Anda, dan berkonsultasi sehingga dokter Anda memberikan resep obat untuk Anda. Kemudian Anda dapat memilih untuk menggunakan ramuan-ramuan atau pengobatan secara alami.

Di bawah ini ada beberapa solusi pengobatan secara alami yang dapat Anda pertimbangkan;

1. Jahe

Seperti telah kita ketahui bahwa, jahe sering digunakan sebagai ramuan dalam jamu, atau di olah sebagai minuman penghangat tubuh. Jahe sangat baik juga untuk pengobatan arthritis, karena memiliki sifat anti-inflamasi alami.

Catatan
Anda dapat mencampurkan 6 sendok teh jahe kering yang sudah digiling, dan 3 sendok teh merica bubuk hitam, kemudian ambilah 1/2 sendok teh dari campuran tersebut, dan minum 3 kali sehari. Anda juga dapat mengoleskan
minyak jahe pada sendi-sendi Anda yang tersa nyeri dan kaku, sehingga dapat membantu mengurangi rasa sakit, kekakuan, dan peradangan.
Gunakan minyak jahe ini secara teratur.

2. Kunyit dan jahe

Kunyit dan jahe juga sangat baik bila dikombinasikan, karena keduanya adalah anti-inflamatory, dan dapat membantu dengan osteo dan mengurangi peradangan rheumathoid arthritis. Curcumin yang terkandung dalam kunyit ini memiliki antioksidan kuat, dan sifat anti-inflamasi. Selain itu juga menurunkan kadar 2 enzim yang bertanggungjawab untuk menyebabkan terjadinya peradangan (yang sering dialami rasa sakit arthritis).

Catatan
Masukkan 2 gelas air dalam panci kecil, kemudian rebus air sampai mendidih, ambil 1/2 sendok teh bubuk jahe, dan 1/2 sendok teh
bubuk kunyit, masukkan ke dalam air mendidih tersebut, kemudian rebus kembali dengan menggunakan api kecil 10 sampai 15 menit.
Saring, dan tambahkan madu secukupnya. Nikmati dua kali sehari untuk mendapatkan manfaatnya.

Anda juga bisa campurkan satusendok teh bubuk kunyit dengan segelas susu hangat. Minum setiap hari sebelum tidur malam.

3. Pijat

Menggunakan minyak mustard untuk memijat sangat baik untuk membantu menghilangkan rasa sakit akibat radang sendi. Adapun minyak mustard tersebut berfungsi sebagai salep alami dan dapat menstimulasi aliran darah.

Catatan
Ambil minyak mustard secukupnyadan hangatkan, dan Anda dapat mencampurkan minyak mustard ini dengan jus bawang, dan gosok dengan
lembut pada sendi yang sedang nyeri, bengkak dan kaku. Tutuplah dengan bungkus plastik, kemudian tutup lagi dengan handuk hangat. Lakukan
setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya.

4. Terapi alami dan alternatif

Sebuah teknik relaksasi yang dapat diterapkan, antara lain seperti bernapas dalam, dipandu dan visualisasi dapat membantu melatih otot-otot yang sakit untuk rileks. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, pijat dapat membantu mengurangi rasa sakit radang sendi, memperbaiki fungsi sendi, dan mengurangi stres dan kecemasan.

Selain itu, akupuntur juga dapat membantu. Dengan cara memasukkan jarum halus ke dalam bersama poin khusus yang disebut "meridian" yang fungsinya untuk menghilangkan rasa sakit. Bagi sebagian orang yang memiliki ketakutan terhadap jarum, maka kemungkinan besar mereka akan memilih akupresur, yang menerapkan tekanan, bukan jarum, di titik-titik.

5. Garam epsom

Kandungan magnesium sulfat dalam garam Epsom ini mungkin terdengar agak menakutkan bagi Anda, namun zat tersebut sangat baik dan berguna, karena merupakan sebuah mineral alami, magnesium sulfat ini telah digunakan untuk membantu menangani rasa sakit sendi akibat rematik selama bertahun-tahun. Hal ini karena tingkat tinggi magnesium yang ada dalam garam Epsom tersebut.

Catatan
Isilah mangkuk dengan ukuran besar dengan air hangat, dan tambahkan 1/2 gelas garam Epsom. Kemudian aduk hingga tercampur secara merata, dan rendamlah sendi Anda yang terasa sakit di dalam cairan tersebut. Apabila Anda merasa sakit di tempat-tempat atau anggota tubuh yang sulit untuk direndam, maka Anda dapat mencoba untuk mandi dengan menggunakan air garam Epson ntersebut, dengan cara menuangkannya ke dalam bak yang berair hangat, dan berendam selama 15 menit. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

6. Minyak ikan

Efek anti-inflamasi yang terdapat dalam minyak ikan tersebut dapat membantu mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh rheumatoid arthritis, sehingga sangat baik bila mengonsumsi minyak ikan dalam jumlah normal.

Catatan
Anda dapat mengonsumsi 1 sampai 2 sendok teh minyak ikan setiap hari. Supaya lebih efektif, minumlah minyak ikan pada waktu pagi haridalam keadaan perut kosong agar
dapat membantu mengurangi kekakuan di pagi. Anda juga dapat mengonsumsi biji rami yang mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi.

7. Sirup gula molasses

Kandungan tinggi mineral yang sangat baik seperti kalium, magnesium, dan kalsium yang terdapat dalam sirup gula molasses ini telah menjadi salah satu obat rumah yang bermanfaat untuk membantu mengobati arthritis selama bertahun-tahun.

Adapun sirup gula molasses adalah apa yang tersisa dari sirup gula yang didihkan, dan tidak seperti nutrisi gula halus yang digunakan.

Sirup gula molasses juga sebagai suplemen makanan (yang dapat dikonsumsi sebagai minuman). Sirup gula molasses dapat membantu meringankan gejala rheumatoid arthritis dan nyeri sendi, berkat unsur vital yang terdapat dalam sirup gula molasses yang mengatur fungsi saraf dan otot, dan memperkuat tulang.

Catatan
Hangatkan 1 gelas air, kemudian masukkan 1 sendok makan sirup gula molasses, aduk-aduk hingga tercampur secara merata. Angkat dan tuangkan dalam gelas. Minum
sekali sehari.

8. Latihan fisik

Latihan fisik adalah sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan kebugaran bagi tubuh. Tak dapat disangkal lagi bahwa, orang yang terkena rheumatoid arthritis memiliki keterbatasan untuk bergerak. Oleh karena, sakit, nyeri sendi dan mengalami kekakuan.

Sangat membutuhkan latihan fisik setiap hari. Dengan berolah raga dapat membantu mengontrol berat badan yang menyebabkan tekanan pada sendi-sendi Anda. Selain itu juga dapat memperkuat otot-otot yang mendukung sendi. Bahkan ketika tulang rawan menipis, dan melumasi sendi yang memungkinkan mereka untuk dapat bergerak lebih baik. Anda dapat memilih olah raga yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Ketika cairan sinovial pada sendi tidak aktif, maka konsisten gel menjadi tebal, tetapi setelah ditemukan bergerak, dan pemanasan, cairan sinovial ini menjadi lebih kental dan dapat bekerja dengan lebih baik dari pelumas sendi, dan menjaga mereka berjalan lancar.

Dengan demikian Anda dituntut untuk bergerak (latihan fisik setiap hari) hal sangat penting sehingga dapat memperkuat otot-otot dan tidak menjadi kaku.

Catatan
Berjalan selama kurang lebih 15 menit. Lakukan secara rutin. Latihan peregangan dan latihan secara khusus yang di targetkan untuk sendi-sendi yang kaku untuk
membantu menghilangkan rasa sakit dan nyeri.

9. Minyak peppermint eucaliptus

Seperti diketahui bahwa, peppermint dan eucalyptus tidak mengubah jalannya arthritis, akan tetapi mereka memiliki sifat analgesik. Sensasi pendinginan yang diperoleh dari peppermint eucalyptus ini menciptakan sensasi menenangkan yang dapat membantu meringankan rasa sakit. Radang sendi.

Catatan
Campurkan 5-10 tetes eucalyptus dan 5-10 tetes minyak Peppermint bersama-sama, kemudian campurkan salah satu minyak pembawa (minyak zaitun,
minyak biji anggur) dengan takaran 1-2 sendok makan. Minyak pembawa diperlukan untuk mencairkan minyak esensial sehingga tidak mengiritasi kulit. Gosokkan campuran
minyak tersebut pada sendi-sendi yang terasa nyeri dan kaku. Simpan campuran minyak tersebut di dalam botol kaca gelap, hindari dari cahaya matahari.

10. Kayu manis

Sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang terkandung dalam kayu manis ini membuatnya dapat membantu meredakan sakit dan nyeri akibat rheumatoid arthritis. Anda tentu dapat mempertimbangkan untuk mencobanya, karena kayu manis sangat mudah diperoleh.

Catatan
Campurkan 1/2 sendok teh kayu manis dan 1 sendok makan madu dalam segelas air hangat, kemudian minum setiap pagi dalam keadaan perut kosong. Lakukan secara rutin
setiap hari agar mendapat manfaatnya. Selain itu juga Anda dapat membuat pasta dari campuran kayu manis dan madu, kemudian pijat lembutpada bagian yang terasa sakit.

11. Teh juniper berry

Sebuah uji coba pada tahun 2009 yang telah dipublikasikan dalam "Journal of Ethnopharmacology" menemukan bahwa, juniper berry membantu mengurangi rasa sakit radang sendi berkat komponen yang disebut terpene 4-oI. Terpene menekan jenis sel darah putih yang sebagian besar dari sistem kekebalan tubuh kita, menanggapi sinyal peradangan.

Adapun dalam rheumathoid arthritis, sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan sendi tubuh yang normal tanpa sebab, yang menyebabkan terjadinya peradangan, nyeri, dan hilangnya fungsi.

Jika meminum juniper berry setiap hari, dapat membantu mengurangi peradangan.

Catatan
Ambil segelas air mendidih, dan 1 sendok makan juniper berry kering, kemudian tuangkan ke dalam gelas yang berisi air mendidih tersebut, dan biarkan selama 20 menit.
Minum 1 gelas 2 kali sehari. Anda bisa tambahkan madu secukupnya bila Anda suka.

12. Cuka apel

Cuka apel kaya dengan mineral seperti kalsium, magnesium, kalium dan fosfor. Dengan demikian, sangat berguna dalam memerangi nyeri sendi. Selain itu juga, cuka apel ini dapat membantu menghilangkan penumpukan racun dalam sendi dan jaringan ikat.

Catatan
Ambil segelas air hangat, campurkan 1 sendok teh cuka apel dan madu. Minum setiap hari di pagi hari agar dapat memberi efek alkalizing.

13. Diet dan makan makanan sehat

Diet dan makan makanan sehat sangat penting dan berpengaruh terhadap arthritis. Para peneliti telah mengidentifikasi bahwa, dengan makan makanan tertentu yang kaya akan antioksidan, dapat membantu mengontrol dan mengurangi peradangan.

Banyak dari mereka adalah bagian dari apa yang disebut diet mediterania, yang menekankan pada ikan, sayuran, buah-buahan, dan minyak zaitun. Hal ini sangat penting untuk dapat menghilangkan atau secara signifikan mengurangi makanan-makanan olahan, makanan cepat saji, dan makanan yang dibakar, yang tentunya tidak sehat.

14. Daun dandelion

Daun dandelion sangat tinggi vitamin A dan vitamin C. Daun dandeloin ini dapat membantu memperbaiki jaringan yang rusak, dan membantu menghilangkan racun. Sebuah studi terbatas menunjukkan bahwa sifat anti-inflamasi karena linoleat dan asam linoleat di dalamnya.

Adapun linoleat ini adalah asam lemak esensial yang dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk menghasilkan prostaglaudin yang pada dasarnya mengatur respon imun, dan menekan peradangan. Karena keterlibatannya dengan respon imun, dandelion ini menunjukkan sebuah potensi besar ketika mengobati rheumatoid arthritis pada khususnya.

Catatan
Ambil 3 sendok teh daun dandelionsegar, atau 1 sendok teh daun dandelion kering, kemudian masukkan dalam 1 gelas air mendidih. Biarkan
10 menit, dan saring. Minum 2 kalisehari. Teh dandelion ini rasanya sangat pahit, sehingga Anda perlu untuk menambahkan madu secukupnya.

Demikianlah 14 solusi penting pengobatan rematik secara alami di atas yang dapat Anda pertimbangkan.

Catatan penting
Konsultasikan dengan dokter Anda, atau tenaga medis terlebih dahulu sebelum Anda mencoba semua solusi tersebut di atas.
Terimakasih sudah membaca. Salam sehat.
IkeCong
IkeCong Ia adalah seorang yang biasa-biasa saja. Masih banyak belajar. Penikmat sastra. Senang menulis Berbagai hal yang bermanfaat.

Post a Comment for "14 Solusi Penting Pengobatan Rematik Secara Alami"