12 Jenis Makanan Ini Harus Dihindari Jika Anda Ingin Cepat Hamil

12 Makanan ini harus di hindari jika Anda ingin cepat hamil
Pict: makanan yang harus dihindari
12 Jenis makanan ini harus dihindari jika Anda ingin cepat hamil. Beberapa penelitian telah menyebutkan bahwa makanan yang dikonsumsi setiap hari adalah sangat mempengaruhi kesehatan tubuh pada umumnya. Sehingga Anda diharuskan ekstra hati-hati dan dalam memilih dan mengonsumsi makanan. Biasakanlah setiap hari untuk mengatur menu makan yang sehat.

Dengan demikian menentukan apa yang harus Anda makan dan apa yang perlu Anda kurangi atau hindari itu sangat penting. Terutama bagi wanita yang baru saja menikah dan ingin secepatnya punya momongan.  Hindari makanan-makanan yang dapat menghalangi kesuburan seperti di bawah ini.

1. Kacang kedelai

Telah kita ketahui bahwa, kacang kedelai sangat baik bagi kesehatan tubuh. Namun tidak baik bagi para perempuan yang sedang dalam program kehamilan. Bagi wanita yang ingin hamil secepatnya sedapat mungkin tidak mengkonsumsi kedelai, terutama sekali disaat ovulasi. Mengapa demikian? Karena kedelai ini mengandung isoflavon, yaitu senyawa yang bertindak seperti estrogen dalam tubuh.

Sebuah penelitian yang di adakan di King College London menemukan bahwa satu isoflavon yang disebut genistein, benar-benar dapat mensabotase sperma pada saat sperma tersebut berenang di saluran reproduksi perempuan yang mencoba untuk membuahi sel telur.

Menurut American Journal of clinical Nutrition, telah menunjukkan bahwa, perempuan yang mengonsumsi sekitar 60 g kedelai sehari memiliki keuntungan rata-rata dua setengah hari pada siklusnya. Beberapa juga yang percaya bahwa kedelai ini dapat menurunkan tingkat FSH dan LH.

Perempuan yang mengonsumsi kedelai tidak akan mungkin mengganggu keseimbangan hormonal antara FSH, LH dan estrogen dapat mempengaruhi kemampuan mereka untuk hamil. Wanita yang sementara menjalani program hamil agar bisa mempertimbangkan dengan baik untuk mengurangi makanan kedelai dari diet mereka sehari-hari.

Catatan
Jangan mengonsumsi jenis-jenis makanan yang mengandung kedelai. Antara lain seperti, Susu kedelai edamame, miso, tahu, tepung kedelai, pengganti daging vegetarian berbasis kedelai dan tempe.

2. Daging merah

Salah satu bakteri yang sangat berbahaya yang ditemukan di dalam daging merah adalah listeria. Selain itu, bakteri tersebut juga berada dalam keju lunak dan produk susu yang tidak dipasteurisasi. Pada umumnya ibu-ibu hamil memiliki resiko 20 kali lebih mungkin untuk terjangkit bakteri ini akibat mengonsumsi makanan yang terdapat bakteri listeria-laced dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi makanan tersebut.

Apabila Anda terlalu banyak mengonsumsi daging merah dapat meningkatkan jumlah amonia di dalam tubuh yang akhirnya dapat mengganggu implementasi sel telur dalam rahim. Dengan demikian, mengonsumsi daging merah secara berlebihan tidak hanya merugikan bagi perempuan dalam menjalankan program kehamilan tetapi dapat pula merugikan bagi laki-laki karena meningkatkan keasaman dan mempengaruhi aktivitas sperma.

Catatan
Dianjurkan bagi perempuan yang sedang dalam program untuk hamil, harus lebih berhati-hati karena listeriosis (infeksi yang diakibatkan oleh bakteri listeria) dapat menyebabkan keguguran diawal trimester pertama.

3. Gula

Mengkonsumsi gula berlebihan dapat memperburuk kesehatan Anda. Perempuan yang ingin hamil dan sedang dalam program hamil sebaiknya Anda mengurangi konsumsi gula karena gula dapat mempengaruhi kesuburan Anda. Batasi asupan gula sederhana dan karbohidrat olahan. Hindari juga konsumsi gula halus dan karbohidrat seperti sirup jagung dan fruktosa.

Pada saat Anda mengkonsumsi karbohidrat sederhana secara berlebihan seperti; nasi putih, dan roti putih, maka pankreas Anda akan bekerja keras dan kemudian mulai memproduksi insulin yang merupakan satu hormon yang dikeluarkan oleh pankreas untuk membantu menstabilkan gula darah Anda.

Anda tahu, pangkreas Anda harus berkerja ekstra untuk mensekresikan lebih banyak insulin untuk mengejar ketinggalan dengan tambahan gula. Dengan demikian tubuh Anda akan menjadi terbiasa dengan insulin tinggi. Hal ini sangat buruk bagi kesehatan.

Jika Anda terlalu banyak mengkosnsumsi gula, hal ini sangat berpotensi mengubah kualitas lendir serviks Anda dan membuatnya menjadi lebih asam dan kurang baik dalam mempertahankan dan melindungi sperma dimana sperma tersebut bisa berenang dengan baik untuk memenuhi sel telur perempuan.

4. Soda

Soda adalah salah satu minuman yang sangat tinggi gula. Asupan gula yang berlebihan dapat mengakibatkan gula darah Anda menjadi rendah, sehingga mengganggu kadar hormon reproduksi. Terlalu banyak soda dapat berpengaruh buruk bagi gizi. Bahan kimia sintetis lainnya yang menghasilkan beban racun bagi organ tubuh Anda untuk memproses dan meraup banyak energi yang sangat vital bagi tubuh Anda untuk terus berfungsi dengan baik.

Seperti diketahui bahwa, diet soda yang mengandung aspartame aman bagi ibu hamil, akan tetapi tidak boleh lebih dari 1 sampai 12 ons per hari untuk batas maksimal.

5. Lemak trans

Apapun alasannya, Anda harus menghindari lemak trans. Hal ini bukan saja untuk perempuan yang ingin hamil atau yang sedang dalam program kehamilan tetapi untuk semua orang tanpa kecuali, sebab lemak trans sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Sebaiknya hindarilah lemak trans yang terkait dengan infertilitas. Para peneliti di Harvard University menyatakan bahwa seorang perempuan yang mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak trans, (4 gram lemak trans per hari) memiliki risiko lebih besar terhadap masalah kesuburan.

Menurut sebuah studi Harvard yang dapat dipercaya bahwa, 18,000 perempuan, untuk setiap 2%  kalori tambahan yang mengonsumsi lemak trans, mengalami risiko infertilitas sampai 73%.

Lemak trans sangat merugikan. Tetapi begitu banyak orang yang suka mengonsumsinya. Ini berarti mereka tidak perduli dengan kesehatannya sendiri. Lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol "jahat" LDL, dan menurunkan kadar kolesterol "baik" HDL. Lemak trans juga mempromosikan terjadinya peradangan dan pembentukan bekuan darah.

Pada kenyataannya, diet tinggi lemak trans adalah diet yang cenderung menyebabkan obesitas. Berat badan yang berlebihan sehingga sangat tidak baik bagi ovulasi yang teratur. Tubuh akan menjadi resisten terhadap insulin. Hal ini dapat menyebabkan gula dan insulin meningkat dalam aliran darah. Tidak hanya itu, efek dari lemak trans ini juga dapat sangat mengganggu ovulasi, pembuahan, bahkan juga perkembangan embrio awal.

Bagi wanita yang dengan PCOS sangat sulit untuk hamil, jika mengonsumsi lemak trans, karena lemak trans dapat mengganggu aktivitas reseptor sel yang berhubungan dengan peradangan, metabolisme glukosa, dan sensifitas insulin.

Catatan
Hindari makanan yang mengandung lemak trans seperti; popcorn margarin, keripik kentang, kerupuk, keripik jagung, makanan yang dipanggang, pitza, dan makanan hewani seperti; keju, daging sapi, daging domba, makanan cepat saji, makanan beku, fries ayam, ikan tongkat, mie ramen, wafel.

6. Kopi (kafein)

Batasilah kegemaran Anda yang satu ini, sebab jika Anda minum kopi secara berlebihan, maka akan terjadi efek yang sangat buruk bagi kondisi kesehatan Anda. Diketahui, kafein dapat meningkatkan denyut jantung, meningkatkan tekanan darah Anda, dan dapat meningkatkan pembekuan dan keguguran. Selain itu pula, kafein dapat memperlambat aliran darah ke rahim dan sangat berpotensi dapat membuat lebih sulit bagi sel telur Anda untuk bertahan dengan baik.

Anda dianjurkan untuk minum kopi maksimal 1 cangkir per hari. Jangan konsumsi kopi jika Anda telah berusia 35 tahun dan memiliki masalah kesuburan. Studi menunjukkan bahwa, mengonsumsi kopi 300 mg setiap hari dapat mengurangi kesempatan Anda untuk hamil. Jadi, sebaiknya hindari kopi jika Anda sedang dalam program kehamilan. Hal ini untuk menjaga kondisi kesehatan Anda terlebih menjaga kesuburan Anda.

12 jenis makanan ini harus di hindari jika Anda ingin cepat hamil
pict: makanan yang harus dihindari


7. Telur mentah

Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi telur mentah. Mengingat bakteri salmonella dapat dengan mudah terkontaminasi di dalam terlur mentah tersebut, dan inilah yang merupakan salah satu faktor risiko untuk keguguran. Lebih baik Anda makan telur organik, karena telur organik lebih aman dan tidak berasal dari ayam yang disuntik obat-obatan kimia (disuntik hormon pertumbuhan atau antibiotik).

Supaya lebih aman, konsumsilah telur yang sudah matang. Dan sebisa mungkin memilih telur yang organik.

8. Kacang polong

Kacang polong memang baik bagi kesehatan tubuh pada umumnya, akan tetapi menurut beberapa buku telah dikemukakan bahwa, kandungan kimia alami yang ada pada kacang polong yang disebut xylohydroquinone yang fungsinya sebagai kontrasepsi alami.

Adapun penelitian telah melihat korelasi yang tinggi sebagai perbandingan antara konsumsi kacang polong dan tingkat kelahiran yang lebih rendah, seperti kacang kedelai, kacang polong, dan kacang-kacangan lainnya yang kaya estrogen alami, dan dipikirkan bahwa semua itu merupakan penghalang untuk untuk subur. Namun sebagai catatan penting bahwa, hal ini belum dapat diverifikasikan melalui studi akademis.

Akan tetapi dihaharapkan agar Anda tetap lebih bijak dalam memilih apa yang harus Anda makan, dan apa yang mesti Anda hindari. Semua itu untuk keberhasilan program kehamilan Anda tentunya.

9. Minyak biji rami

Apabila Anda membuka sejumlah situs di internet tentang minyak biji rami, Anda akan mengetahui bahwa, situs-situs, dan bahkan ahli merekomendasikan minyak rami ini adalah omega-3. Akan tetapi jika Anda mengonsumsi minyak biji rami selama masa kehamilan mungkin tidak aman.

Minyak biji rami (flaxeed oil), adalah phytoestrogen, sebuah estrogen tanaman yang dapat bertindak seperti hormon estrogen. Hal tersebutlah yang membuat beberapa penyedia layanan kesehatan merasa khawatir ini dapat meningkatkan risiko keguguran.

Tercatat sebuah studi penelitian pada tahun 2008 di University of Montreal dan Sainte Justine Hospital Research Centre di Kanada menunjukkan bahwa, risiko terjadinya kelahiran prematur empat kali lipat pada perempuan yang mengonsumsi minyak biji rami dalam dua trimester terakhir kehamilan. Akan tetapi hal tersebut tidak terlihat pada perempuan yang mengonsumsi biji rami saja.

10. Keju tertentu

Ada keju tertentu yang tidak boleh Anda konsumsi. Hindari susu keju mentah atau matang yang tidak dipasteurisasi, yang berusia kurang dari enam hari. Jika keju mentah, susu yang sudah berusia lebih dari 60 hari, maka hal itu akan membawa risiko listeria yang sangat rendah. Keju yang sudah dipesteurisasi adalah aman untuk dikonsumsi.

Jadi jika Anda mau konsumsi keju, Anda tingal ambil keju yang sudah dipsteurisasi dan juga yang paling penting adalah menghindari susu tanpa dipasteurisasi karena mungkin mengandung bakteri seperti; compylobacter, listeria, E-coli, dan salmonela.

11. Minuman beralkohol

Alkohol adalah salah satu minuman yang tidak baik yang dapat memperburuk kesehatan. Terlalu banyak minum minuman beralkohol dapat berpengaruh buruk pada organ-organ tubuh lain dan sangat merugikan bagi mereka yang sedang dalam program kehamilan. Sebuah penelitian di Denmark telah menemukan bahwa asupan alkohol memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap keberhasilan infertilitas bagi perempuan yang berusia di atas 30 tahun yang mengonsumsi alkohol.

12. Selai kacang dan bayam

Mungkin Anda tidak pernah menyangka bahwa selai kacang dan bayam juga dapat memiliki efek yang tidak baik bagi tubuh terutama bagi perempuan yang ingin hamil. Hal ini karena mereka dapat menguras kalsium yang merupakan salah satu mineral yang paling penting untuk tumbuh kembang bayi Anda.

Selain 12 jenis makanan di atas yang harus Anda hindari, Anda juga harus hilangkan beberapa kebiasaan buruk Anda di bawah ini:


1. Merokok

Jika Anda merencanakan untuk hamil, hindarilah merokok. Merokok dapat merusak tubuh Anda.  Menurut American Society for Reproductiv Medicine, diperlukan waktu yang lebih lama bagi para perempuan yang gemar merokok untuk hamil, merokok dapat menyebabkan sel telur perempuan menjadi lebih rentan terhadap kelainan genetik. Merokok juga dapat meningkatkan risiko keguguran dan ektopik.

2. Stres

Jika Anda memiliki masalah-masalah yang berat, yang dapat membuat Anda menjadi stres, hendaknya Anda berkonsultasi dengan orang-orang terdekat yang dapat And percaya, atau psikolog, sehingga Anda tidak berlarut-larut dalam stres yang dapat mengganggu kondisi kesehatan jasmani dan rohani Anda.

Stres dapat memperburuk sistem reproduksi yang berujung pada kesulitan hamil. Dengan demikian Anda dapat menjalani program kehamilan dengan baik.

Demikianlah pembahasan tentang 12 jenis makanan yang harus Anda hindari jika Anda ingin cepat hamil, dan juga beberapa kebiasaan buruk. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi Anda. Terimakasih sudah membaca. Salam sehat.
IkeCong
IkeCong Ia adalah seorang yang biasa-biasa saja. Masih banyak belajar. Penikmat sastra. Senang menulis Berbagai hal yang bermanfaat.

Post a Comment for "12 Jenis Makanan Ini Harus Dihindari Jika Anda Ingin Cepat Hamil"