24 Manfaat Kesehatan Luar Biasa Dari Kelor

24 Manfaat kesehatan luar biasa dari daun kelor
Manfaat kesehatan daun kelor
24 Manfaat luarbiasa dari kelor yang harus dibaca, dan menjadi artikel penting agar Anda ketahui. Tidak asing lagi jika Anda mendengar nama atau melihat pohon yang satu ini. Tapi apakah Anda sudah tahu tentang rahasia besar manfaat dari kelor? Ini sangat luarbiasa. Mungkin ada sebagian orang yang sudah mengetahui kehebatan kelor bagi kesehatan tubuh, namun ada juga diantara kita yang belum tahu persis tentang kelor ini.

Kelor memiliki lebih dari 90 senyawa pelindung, dan juga termasuk isothiocyanates, flavonoid, dan asam folat. Kelor juga merupakan sumber yang sangat kaya dengan nutrisi seperti: vitamin A, vitamin B, vitamin B1(tiamin), vitamin B2(riboflavin),  vitamin B3(niacin), vitamin B6 vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Selain itu juga kekayaan mineral seperti: kalsium, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, dan seng. Bahkan telah diketahui kelor memiliki lebih banyak vitamin dibandingkan dengan wortel, dan jeruk.

Demikian juga kelor tumbuhan ajaib ini memiliki beberapa manfaat kesehatan yang luarbiasa sebagai perlindungan hati, menurunkan tingkat gula darah pada penderita diabetes, kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol jahat, menjaga mata, kesehatan tulang, menyembuhkan luka, kesehatan rambut, anti jamur, dan masih banyak lagi. Mari kita lihat satu persatu tentang manfaat kesehatan dari kelor ini sebagai berikut.

1. Menurunkan tekanan darah

Bila Anda memiliki tekanan darah tinggi, maka hal itu dapat berpengaruh terhadap jantung (cardiovaskular) yang menyebabkan terjadinya serangan jantung dan stroke, apabila tidak dikelola dengan baik. Ekstrak daun kelor memang sangat baik dan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, akan tetapi Anda harus berkonsultasi juga dengan dokter Anda tentang obat yang diperlukan. Selain itu, hal yang paling penting yaitu, Anda harus mengatur gaya hidup sehat, latihan fisik, dan diet yang tepat.

2. Melindungi jantung

Seperti diketahui bahwa, ekstrak daun kelor sangat besar khasiatnya yang dapat membantu mencegah kerusakan miokard atau jantung, oleh karena memiliki antioksidan yang tinggi. Sebuah study yang dilakukan telah memiliki bukti pendukung tentang khasiat kelor ini yang membuktikan efek dari antiperoxidative dan cardio pelindung dari terapi kelor tersebut. Pengobatan dengan kelor dapat membantu menghambat meningkatnya perioxidation lipid dalam miokard selain itu juga membantu menjaga kondisi kesehatan dari jantung.

3. Menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes

Kandungan asam chlorogenic dalam kelor telah terbukti dapat membantu mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabetes, dan memungkinkan sel untuk mengambil atau melepaskan glukosa yang dibutuhkan. Selain itu ada senyawa penting lain yang hadir dalam kelor ini yaitu isothiocyanate yang memiliki perlindungan alami pada diabetes. Studi penelitian telah menunjukkan bahwa pengobatan dengan kelor bekerja positif membantu mengurangi glukosa darah.

Selain itu juga sebuah studi lain yang dilakukan oleh Biotechnology Institute di Sadat City University di Mesir telah menemukan bahwa, kegiatan antidiabetes dari dosis rendah bubuk biji kelor (50 - 100 miligram per kilogram berat badan) dapat membantu untuk meningkatkan status antioksidan dan produksi enzim dalam hati, pankreas, dan ginjal dari tikus dan dapat membantu mencegah kerusakan dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Catatan
Ambil segenggam daun kelor, kemudian rebus dengan 3 gelas air bersih. Didihkan rebusan tersebut hingga menjadi 1 gelas. Kemudian rebusan tersebut, dan minum 3 kali sehari. Minum rutin selama 2 bulan mendapatkan hasilnya.

4. Gangguan perut

Penelitian telah menunjukkan bahwa, ekstrak kelor dapat dianggap sebagai alternatif herbal yang mana sangat efektif untuk berbagai antasida, dan antihistamin yang tersedia secara komersial. Kelor juga mengandung isothiocyanate yang diketahui sangat efektif dalam membantu mengobati gangguan perut antara lain gastritis, kolitis ulserativa.

5. Asma

Kelor dapat membantu untuk mengurangi tingkat keparahan dari serangan asma bronkial, dan juga peradangan yang diakibatkan dalam saluran udara. Menurut penelitian bahwa, pengobatan dengan menggunakan kelor dapat membantu mengurangi serangan asma, dan berbagai gejala seperti batuk, mengi, dan sesak dada.

6. Kanker

Seperti yang Anda ketahui bahwa, manfaat kelor luar biasa bagi kesehatan tubuh, dan hebatnya lagi kelor ini merupakan agen anti kanker, dan dipergunakan pula dalam terapi tumor. Sebuah penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa, ekstrak kelor ini ternyata memiliki sifat kemopreventif terkait dengan hadirnya quercetin komponen fenolik dan kaempferol. Ada studi lain juga yang menunjukkan peran niazimicin senyawa bioaktif dalam menahan perkembangan sel kanker.

Selain itu juga, ekstrak kelor ini memberikan suatu efek chemomodulatory pada penyembuhan berbagai jenis kanker seperti, kanker ovarium, karsinogenesis hati dan papileomagenesis kulit dengan menghambat proliferasi sel kanker ganas dan menginduksi, hal ini yang dikenal sebagai kematian sel.

7. Antioksidan dan anti-inflamasi

Kelor memiliki kemampuan yang mirip dengan obat konvensional, tetapi tidak menimbulkan tingkat risiko yang sama dalam efek samping. Menurut sebuah laporan dari Asia Pasific Journal of Cancer Prevention, kelor mengandung campuran asam amino esensial, fotonutrien karotenoidyaitu jenis yang sama yang di temukan pada tomat dan wortel.

Selain itu juga, tanaman kelor menawarkan perpaduan yang kaya akan antioksidan tinggi seperti kaempferol, asam caffeoylquinic, zeatin, quercetin, asam klorogenat, dan beta-sitosterol. Adapun antioksidan tinggi yang terdapat dalam kelor ini memiliki tinggi kapasitas pembersih terhadap radikal bebas serta menunjukkan nilai terapeutik dalam membantu menyembuhkan kerusakan yang mana diakibatkan oleh stres oksidatif.

8. Melindungi hati

Ekstrak kelor dapat membantu melindungi hati. Sebuah studi penelitian telah menunjukkan efektivitas daun kelor terhadap kerusakan hati yang diakibatkan oleh obat anti TBC serta dampaknya dapat merangsang dalam mempercepat suatu proses pemulihan. Hal inilah yang dapat membantu mengembalikan tingkat kandungan glutathionemyang terdapat dalam tubuh dan mencegah radiasi peroksidasi lipid hati.

9. Menurunkan kolesterol

Jika Anda memiliki kolesterol tinggi dalam darah, maka hal ini dapat berpengaruh pada jantung Anda. Di Tailand, kelor dijadikan sebagai pengobatan tradisional. Digunakan sebagai kardiotonik (Obat atau ramuan yang dipakai untuk membantu meningkatkan kontraksi jantung).

10. Kesehatan pencernaan

Sifat anti-inflamasi yang ada dalam tanaman kelor sehingga sering digunakan dalam sistem pengobatan kuno seperti ayuverda untuk membantu mencegah atau mengobati penyakit mag, penyakit hati, kerusakan ginjal, jamur atau infeksi dan keluhan pencernaan. Diketahui juga bahwa, minyak kelor dapat membantu untuk meningkatkan fungsi hati, dan mendetoksifikasi tubuh dari zat berbahaya, seperti racun logam berat, dan kemungkinan lain keguaan dari minyak kelor ini adalah membantu melawan infeksi saluran kemih, retensi cairan , sembelit dan diare.

11. Kesehatan retina

Kandungan antioksidan tinggi yang terdapat dalam kelor oleifera bermanfaat untuk membantu memberikan perlindungan terhadap kerusakan retina. Sebuah penelitian ilmiah telah menunjukkan bukti yang mendukung tentang efek retinoprotective dari kelor. Pengobatan dengan membantu dalam mencegah dilatasi pembuluh darah retina utuh. Hal inilah yang menghambat penebalan membran kapiler dan mencegah terhadap setiap disfungsi retina.

12. Sebagai anti alergi

Ekstrak biji kelor memiliki kualitas anti-alergi. Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa, anti penghambatan kelor pada reaksi hipersensitif terlibat dalam berbagai penyakit alergi, termasuk alergi rhinitisdan anafilaksis

13. Mengatasi jerawat

Ternyata ekstrak kelor secara luas digunakan oleh industri kosmetik, hal ini karena memiliki begitu banyak sifat terapeutik dan memurnikan kulit, menghilangkan kotoran-kotoran dari kulit, dan meremajakan kulit. Inilah yang dapat mepertahankan kulit alami.

Catatan
Ambil segenggam daun kelor, giling dengan sedikit air bersih, Kemudian buatlah pasta halus. Terapkan secara merata pada wajah Anda sebagai masker. Diamkan selama kurang lebih 15 sampai 20 menit. Cuci dengan air bersih. Lakukan 2 kali seminggu untuk mendapatkan hansil terbaik.

14. Membantu meningkatkan energi

seperti diketahui bahwa, satu porsi kelor memiliki hampir tiga kali lipat jumlah zat besi seperti bayam. Hal ini yang menjadikannya sangat penting bagi vegetarian atau vegan, bagi mereka yang menderita masalah besi rendah, karena tubuh membutuhkan zat besi untuk memperkaya darah dan membawa oksigen ke otot-otot kita, organ, dan jaringan.

15. Melindungi kesehatan otak dan menstabilkan mood

Kelor merupakan jenis makanan yang memiliki protein tinggi dan juga kaya akan asam amino triptofan, termasuk juga menghasilkan hormon serotonin. Selain itu, kelor juga tinggi antioksidan dan senyawa yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tiroid, dan bermanfaat untuk menjaga tingkat energi yang tinggi, dan memerangi kelelahan tubuh Anda, libido rendah, depresi, dan menjaga suasana hati Anda.

16. Menyembuhkan luka

Ekstrak daun kelor sangat bermanfaat dan memiliki daya penyembuhan pada luka yang sangat besar. Sebuah studi penelitian telah terbukti dan menunjukkan efek penyembuhan pada luka dari kelor tersebut.


17. Tulang sehat

Ekstrak kelor sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, yang dikaitkan dengan mineral penting seperti kalsium, dan fosfor. Ekstrak kelor ini juga berfungsi sebagai sifat anti-inflamasi dan efektif dalam hal pengobatan pada kondisi yang menyakitkan seperti arthritis, dan juga dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit tulang antara lain, patah tulang.

18. Sebagai antioksidan tinggi

Anda tahu bahwa, antioksidan sangat penting bagi tubuh kita untuk menjaga sel-sel tubuh agar tetap sehat. Hal ini dapat mengurangi risiko kanker, dan dapat membantu memperlambat proses penuaan dini. Kelor ini mengandung kurang lebih 30 antioksidan yang mempromosikan kulit sehat.

19. Sebagai immune stimulator

Ekstrak etanol yang terdapat dalam daun kelor dapat membantu dalam merangsang sistem kekebalan tubuh. Hal inilah yang dapat membantu dalam merangsang dan meningkatkan respon imun seluler dan diberikannya efek positif pada berbagai sistem kekebalan tubuh seperti antibodi dan reaksi hipersensivitas, dan jumlah total lekosit

20. Penyakit neurogenerative

Kelor diketahui sangat bermanfaat dan penting dalam pengobatan penyakit neurodegenerative. Sebuah studi penelitian telah menunjukkan bahwa, pengobatan dengan menggunakan ekstrak kelor memiliki potensi mengubah monoamina otak seperti norepinephrine, serotonim dan dopamin, bahkan lebih luas lagi perlindungannya terhadap kekurangan monoaminergik yang berhubungan dengan penyakit alzheimer yang diderita sebagian orang.

21. Urolitasis

Ektrak kelor yang efektif terhadap pembentukan batu ginjal, kandung kemih, dan rahim. Sebuah studi penelitian telah menunjukkan bahwa, akar kelor diberikan aktivitas anti-urolithiatic dan menghasilkan pengurangan penting dalam tingkat oksalat urin. Efek kuratif kelor juga menunjukkan penurunan dalam pembentukan deposit batu ginjal dan dapat membantu dalam mengatur sintesis oksalat endogen.

22. Penyakit herpes

Kelor juga dipakai untuk membantu mengobati penyakit infeksi yang diakibatkan oleh virus herpes simpleks. Efek penyembuhan dari ramuan kelor ini dapat mencegah berkembangnya lesi kulit, dan dapat menghambat pembentukan plak yang diakibatkan oleh infeksi virus tersebut.

23. Penyakit kulit

Selain daun kelor, minyak biji kelor juga sangat bermanfaat, antara lain untuk kulit. Hydrating, dan detoksifikasi. Adapun efek dari minyak biji kelor ini dapat membantu dalam menetralisir efek dari polutan berbahaya, mencegah kulit keriput, dan memperlambat penuaan dini. Terdapat kandungan protein yang tinggi dari minyak biji kelor ini sehingga dapat membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh logam berat seperti merkuri dan cadinium. Minyak biji kelor ini juga digunakan di dalam produksi kosmetik, sebagai produk perawatan kecantikan kulit.

24. Sebagai perawatan rambut

Selain untuk perawatan kulit, minyak biji kelor juga dipergunakan untuk merawat rambut agar terlihat selalu indah, dan subur, merangsang pertumbuhan rambut yang sehat alami. Anda yang memiliki rambut rontok juga dapat menggunakan minyak biji kelor. Sangat manjur digunakan untuk membersihkan dan melindungi rambut dari kerusakan lingkungan, termasuk juga radiasi sinar ultra violet.

Demikianlah 24 manfaat kesehatan luar biasa dari kelor. Semoga dapat berguna bagi Anda, dan dapat enjadi salah satu referensi kesehatan bagi Anda. Terimakasih sudah membaca.
IkeCong
IkeCong Ia adalah seorang yang biasa-biasa saja. Masih banyak belajar. Penikmat sastra. Senang menulis Berbagai hal yang bermanfaat.

Post a Comment for "24 Manfaat Kesehatan Luar Biasa Dari Kelor"