19 Manfaat Kesehatan Dari Anggur Yang Menakjubkan Bagi Tubuh

19 manfaat kesehatan dari anggur yang menakjubkan
Manfaat sehat anggur 
19 Manfaat kesehatan dari anggur yang menakjubkan bagi tubuh manusia adalah sangat nyata. Aggur digemari setiap orang di seluruh dunia, ini benar, karena rasanya, dan penampilannya yang membuat siapa saja tak tahan untuk memetik dan hmmm, lezat, segar rasanya. Terlebih lagi ada tersimpan begitu banyak manfaat kesehatan yang luar biasa menakjubkan bagi tubuh kita.

Bersyukurlah bila Anda memang sudah rutin mengonsumsi buah anggur, karena Anda secara tidak sadar telah mendapat khasiat luar biasa dari buah tersebut sebagai suatu terapi kesehatan bagi tubuh Anda secara alami. Tentunya diikuti dengan gaya hidup Anda yang sehat.

Anggur diketahui dapat membantu mengobati gangguan pencernaan, gangguan ginjal, degenerasi makula, sembelit. Memiliki sumber yang kaya vitamin (vitamin A, C, dan folat). Selain itu juga memiliki mineral yang sangat penting bagi tubuh seperti potasium, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, dan selenium.

Masih banyak lagi manfaat-nanfaat yang lain dari buah anggur ini yang Anda ingin ketahui bukan? Yuk, mari kita lihat apa saja manfaatnya;

1. Penyakit jantung

Mengonsumsi buah anggur dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah, yang mana mencegah pembekuan darah, sehingga efektif mengurangi kemungkinan serangan jantung. Anggur memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol "jahat" LDL, yang menghambat pembuluh darah dan merupakan kontributor utama bagi kondisi koroner.

Buah anggurpun memiliki kandungan tinggi flafonoid yang memberikan warna padanya, dan juga anti oksidan yang sangat kuat. Dua senyawa yang terkandung dalam anggur ini adalah resveratrol dan quercetin. Dua senyawa tersebut meniadakan efek radikal bebas yang sangat mengancam tubuh kita, dan merangsang efek berbahaya kolesterol "jahat" LDL pada arteri.

Kandungan polifenol yang tinggi dalam buah anggur juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular (CVD) dan tekanan darah melalui mekanisme anti-inflamasi. Selain itu, serat yang terkandung dalam buah anggur juga dapat mendukung kesehatan jantung.

Peningkatan asupan kalium bersama dengan penurunan asupan natrium adalah perubahan diet paling penting, bahwa seseorang dapat mengurangi risiko dari penyakit kardiovaskuler, menurut Mark Houston, MD, MS, yang adalah seorang profesor Klinis Kedokteran di Vanderbilt Medical School dan direktur Hipertensi Institute di St Thomas Hospital di Tennessee.

2. Meningkatkan daya otak

Mengonsumsi buah anggur sangat penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebuah studi telah menemukan bahwa resveratrol yang terkandung dalam buah anggur yang merupakan antioksidan polifenol yang terkonsentrasi pada angur merah, dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga bisa membantu mempercepat respon mental yang terbukti sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita alzheimer.

Selain itu juga, sebuah studi yang telah dilakukan oleh University of Switzerland juga menemukan bahwa resveratrol dapat membantu menghilangkan plak dan radikal bebas yang mempengaruhi otak.

3. Gangguan ginjal

Secara substansial, buah anggur ini dapat membantu mengurangi keasaman asam urat, dan juga dapat membantu untuk menghilangkan asam dari sistem, sehingga mengurangi stres dan tekanan pada ginjal. Buah anggur memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dapat merangsang proses buang air kecil dengan baik, dan membantu menghilangkan asam urat yang masih ada di dalam tubuh setelah keasaman berkurang.

Buah anggur diketahui memiliki senyawa lain yang disebut pterostilbene yang berkaitan erat dengan resveratrol, antioksidan yang sangat bermanfaat dan sebagai pewarna flavonoid yang juga di temukan dalam buah anggur, dan sebuah penelitian awal telah menunjukkan bahwa buah anggur ini memiliki kualitas anti kanker dan juga berdampak besar pada kolesterol. Hal ini juga dianggap memiliki kekuatan lebih penurunan kognitif.

Sedangkan saponin yang terkandung pada kulit buah anggur juga dapat membantu dalam mencegah penyerapan kolesterol.

4. Sifat pencegahan kanker 

Buah anggur memiliki banyak sekali manfaat kesehatan bagi tubuh, dan telah ditemukan memiliki sifat anti kanker yang kuat karena efek anti-inflamasi resveratrol. Hal ini sangat efektif untuk membantu mengurangi kemungkinan kanker payudara. Anthocyanin dan pro-anthocyanidins yang terkandung di dalam buah anggur memiliki sifat anti-berkembangbiak dan membantu menghambat pertumbuhan agen penyebab kanker.
19 Manfaat kesehatan dari anggur yang menakjubkan
Manfat sehat anggur yang
diolah sebagai jus
Jus buah anggur hanya dapat membantu mencegah risiko kanker, namun dapat juga menekan pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker itu. Pigmen yang terkandung dalam buah anggur diketahui dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan dari berbagai penyakit. Oleh karena itu, buah anggur memiliki peran yang sangat penting dalam mencegah berbagai gangguan kesehatan.

Ada pula keistimewaan dari buah anggur ini antara lain, dapat membuat kismis, juga sangat bergizi, dan dapat membantu mengobati berbagai gangguan, termasuk konstipasi, asidosis, anemia, demam, dan disfungsi seksual. Selain itu, kismis juga dapat membantu mereka yang menginginkan pertambahan berat badan dengan cepat.

5. Penyakit alzheimer

Resveratrol dan polifenol yang terkandung di dalam buah anggur sangat bermanfaat, yang dapat membantu mengurangi kadar peptida amyloidal-beta pada pasien dengan penyakit alzheimer.

Sebuah studi menunjukkan bahwa anggur dapat meningkatkan kesehatan otak dan menunda timbulnya penyakit saraf degeneratif. Sebuah studi yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition mengklaim bahwa, jus anggur bahkan dapat membantu meningkatkan fungsi otak dari orang tua yang telah menunjukkan kerusakan kognitif ringan.

Adapun penelitian yang lebih lanjut sedang dilakukan untuk menentukan sebuah interaksi yang tepat antara komponen buah anggur dan sistem saraf.

6. Kanker payudara

Sebuah penelitian terbaru, telah ditemukan buah anggur ungu (buah anggur ungu di jus) dapat membantu mencegah kanker payudara. Penurunan dalam massa tumor mammae tikus laboratorium terlihat setelah mereka makan jus anggur dalam pengaturan eksperimental.

Antioksidan dalam buah anggur yang sangat bermanfaat dalam membantu pencegahan yang efektif melawan kanker payudara. Bahan kimia tertentu yang terkandung dalam buah anggur yang bermanfaat untuk mengikat, dan menghambat aromatase yang mengubah androgen menjadi estrogen, yang diduga sebagai faktor besar dalam pertumbuhan kanker payudara pada wanita.

7. Kesehatan tulang

Sumber terbaik yang terkandung di dalam buah anggur seperti tembaga, besi, dan mangan, yang semuanya sangat penting dalam pembentukan dan kekuatan tulang.

Jika Anda menambahkan buah anggur dalam diet Anda secara teratur, maka dapat mencegah penyakit terkait usia, seperti osteporosis.

Mangan merupakan elemen yang sangat penting dalam tubuh, yang dapat membantu dalam segala hal dari metabolisme protein, pembentukan kolagen, dan funngsi sistem saraf.

8. Migrain

Jus buah anggur bila diminum pada pagi hari tanpa dicampur dengan air tambahan, dapat membantu menyembuhkan migrain. Anda disarankan sebaiknya minum buah jus anggur di pagi hari.

Sering ada anggapan bahwa minum jus anggur merah sebagai penyebab migrain, akan tetapi jus anggur dan ekstrak biji anggur dianggap juga sebagai sebuah solusi untuk mengatasi migrain itu.

Ada banyak penyebab dibalik migrain, dan sulit untuk diketahui penyebabnya, karena migrain adalah ketidakseimbangan kimia, kurang tidur, perubahan cuaca, atau juga kekurangan asupan makanan. Alkohol dalam penyebab umum migrain, namun buah anggur memiliki sangat banyak antioksidan yang dapat menyebabkan dan menyembuhkan penyakit yang sama.

9. Sembelit

Buah anggur diketahui sangat efektif dalam membantu mengatasi dan menghilangkan sembelit. Buah anggur diklasifikasikan sebagai pencahar karena mengandung asam organik, gula, dan selulosa.

Buah anggur ini juga dapat menghilangkan sembelit kronis dengan cara mengencangkan otot usus, dan perut. Buah anggur yang tinggi serat larut, yang berarti bahwa tetap utuh ketika bergerak melalui saluran pencernaan. Hal itu membangun massal yang mempromosikan pembentukan dan ekskresi tinja yang sehat, sehingga buah anggur dapat membuat proses BAB Anda lebih teratur.

Namun, apabila Anda menderita diare, buah anggur tidak boleh digunakan sebagai cara untuk mengatasi diare Anda. Serat larut tidak dapat menyerap air. Buah anggur memiliki tingkat tinggi serat larut.

10. Kelelahan

Jus anggur putih melengkapi kandungan besi dalam tubuh dan membantu mencegah kelelahan. Anemia adalah masalah bagi semua orang. Makan buah anggur dapat menbantu kadar zat besi Anda, dan juga mineral yang seimbang dalam tubuh.

Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan tubuh Anda menjadi lesu, dan pikiran Anda tidak dapat berkonsentrasi dan bekerja dengan cepat.

Zat besi merupakan mineral yang sangat penting yang dapat mempengaruhi sejumlah fungsi tubuh. Namun jus buah anggur berwarna gelap mungkin tidak mendatangkan zat besi, malahan sebaliknya dapat menurunkan zat besi.

11. Asma

Bagi Anda penderita asma, mengonsumsi buah anggur sangat bermanfaat. Hal ini karena nilai terapi dari buah anggur sangat baik. Dapat digunakan sebagai obat untuk asma. Selain itu juga, buah anggur memiliki kekuatan hydrating yang tinggi yang dapat meningkatkan kelembaban pada paru-paru dan membantu mengurangi terjadinya asma.

12. Alergi

Karena efek dari anti-inflamasi dari quercetin, maka mengonsumsi buah anggur dapat membantu untuk meringankan gejala alergi, termasuk juga hidung meler, mata berair, dan gatal-gatal. Akan tetapi belum ada penelitian untuk membuktikan teori ini.

13. Diabetes

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa, eskatrak kulit buah anggur (GSE) memberikan suatu aktivitas penghambatan baru pada hiperglikemia dan dapat membantu dalam mengatasi diabetes.

14. Gangguan pencernaan

Bagi Anda yang memiliki gangguan pencernaan, mengonsumsi buah anggur sangat baik, oleh karena buah anggur memiliki peran penting dalam dispepsia. Dapat membantu meredakan panas, dan menyembuhkan gangguan pencernaan, dan iritasi di perut.

15. Pencegahan katarak

Flavonoid yang terkandung dalam buah anggur memiliki antioksidan yang dapat membantu mengurangi, dan melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Adapun radikal bebas ini dapat menyebabkan hal-hal seperti, pengembangan katarak, serta penyakit kardiovaskular, kanker, dan berbagai masalah yang sangat berkaitan erat dengan usia seseorang. Hal ini juga terkait dengan makula.

16. Sistem kekebalan

Buah anggur yang hebat khasiatnya ini, tidak hanya mengandung flavonoid dan mineral, akan tetapi mengandung vitamin C, K, dan A yang tinggi, sehingga memberikan dorongan kesehatan bagi sistem organ tubuh Anda, terutama sistem kekebalan tubuh Anda.

17. Anti bakteri

Satu lagi yang hebat dari Buah anggur merah, yaitu memiliki sifat anti bakteri, anti virus yang kuat yang dapat melindungi tubuh Anda dari bakteri, dan anti-virus yang kuat terhadap virus polio, dan virus herpes simpleks. Sebuah studi yang menunjukkan bahwa, jus buah anggur dapat membantu mengatasi infeksi bakteri dalam usus, dan sistem lainnya.

18. Perawatan gigi

Menurut sebuah penelitian terbaru, buah anggur merah dan ekstrak biji buah anggur, diketahui berpotensi membantu mencegah gigi berlubang.

19. Mencegah masalah kulit

Kandungan resveratrol yang terdapat dalam buah anggur bermanfaat bagi kulit. Hal ini ditemukan bahwa resveratrol mencegah tanda-tanda penuaan, dan masalah kulit lainnya. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh tim dari University of California, Los Angeles (UCLA), resveratrol, bila dikombinasikan dengan obat jerawat benzoyl peroxide umum, bakteri yang menyebabkan jerawat.

Demikianlah penjelasan tentang 19 manfaat anggur yang menakjubkan. bagi tubuh. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih sudah membaca. Salam sehat.

IkeCong
IkeCong Ia adalah seorang yang biasa-biasa saja. Masih banyak belajar. Penikmat sastra. Senang menulis Berbagai hal yang bermanfaat.

Post a Comment for "19 Manfaat Kesehatan Dari Anggur Yang Menakjubkan Bagi Tubuh"