14 Jenis Makanan Penyebab Gigi Menjadi Kuning

14 Jenis makanan penyebab gigi menjadi kuning
Makanan yang menyebabkan gigi kuning. Getty Images
14 jenis makanan penyebab gigi kuning Ada harus bisa memilah makanan sebab kalau tidak seleksi makanan yang kita makan maka akibatnya membuat gigi kita kuning. Itu sangat mengganggu penampilan, akibatnya tidak berani tersenyum lebar. Anda harus tahu jenis makanan apa saja supaya dapat menjaga gigi Anda agar tetap putih cemerlang dan bersih. Semua orang tentunya tidak mau gigi kuning bukan? Akan menjadi kendala bagi Anda yang akan mengadakan sebuah presentasi di depan banyak orang, yang mana pandangan mata mereka semua tertuju pada Anda.

Apa jadinya jika Anda sedang berbicara atau tersenyum lalu gigi Anda terlihat kuning seperti jagung dan Celah-celah gigi hitam? Pasti ada yang berkomentar begini; orangnya sih tampan, cantik, pitar, tapi giginya itu tidak kuat lihatnya. Mereka jadi tidak fokus apa yang Anda sampaikan tapi malah gigi Anda yang dibahas. Hal ini pasti membuat Anda salah tingkah, merasa tak nyaman, dan tidak percaya diri, sehingga Anda tidak bisa tampil maksimal. Sayang sekali.

Untuk itu, mari kita lihat makanan apa sajakah yang perlu Anda hindari atau Anda batasi dalam menu sehari-hari supaya gigi Anda tidak menjadi kuning.

1. Teh

Teh adalah salah satu minuman yang paling disukai apalagi dalam cuaca panas, pasti kita akan memesan es teh manis. Kalau cuaca dingin minum teh jahe di campur gula aren. Wah nikmat ya. Teh juga merupakan sumber paling ampuh anti-oksidan yang menawarkan perlindungan bagi jantung, stroke, dan kanker. Namun tanin yang ada dalam teh ini dapat meninggalkan noda pada gigi Anda. Boleh deh Anda minum teh tapi jangan keseringan. Hindarilah teh yang berwarna gelap.

2. Bluberi

Bluberi juga memiliki anti-oksidan tinggi molekul-molekul ajaib yang dapat membantu mencegah sejumlah penyakit, akan tetapi bila Anda yang gemar mengkonsumsi bluberi maka gigi Anda dapat berubah warna karena warna biru yang ada pada buah bluberi ini. Secepatnya pergi berkumur atau sikat gigi setelah makan bluberi.

3. Cuka

Cuka sering juga dipakai dalam beberapa jenis masakan, namun seperti diketahui bahan yang ada dalam cuka ini dapat merusak gigi. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa, orang yang sering mengkonsumsi cuka memiliki risiko 30% sampai 80% mengalami erosi enamel gigi, sehingga gigi dapat berubah warna menjadi kuning. Hindarilah sering-sering makan makanan yang berbahan cuka. Contohnya seperti acar atau rujak cuka, juga bakso yang diberi cuka berlebihan, mpek-mpek, asinan yang ada cukanya. Masih banyak lagi makanan-makanan yang lain.

4. Anggur merah

Anggur merah sangat baik bagi kesehatan Anda, untuk jantung Anda. Namun tidak begitu baik bagi gigi Anda, sebab anggur merah ini memiliki sumber asam dan tanin yang jelas dapat menyebabkan gigi dapat berubah warna. Pada saat Anda minum segelas anggur merah, cobalah Anda pergi bercermin dan lihat apa yang terjadi? Gigi, lidah, dan bibir Anda menjadi merah. Hal inilah yang menjadi masalah bagi gigi Anda. Jika Anda tidak segera berkumur, maka noda dari anggur merah tersebut akan menjadi abadi pada gigi Anda.

5. Kari (masakan apapun yang menggunakan bumbu kunyit)

Di dalam masakan kari terdapat bumbu berupa kunyit yang sering kita jumpai dalam kari ayam, ikan bumbu kari, ikan kuah kuning. Memang sangat nikmat, tetapi sayang sekali makanan yang lezat berbumbu kunyit ini dapat meninggalkan noda dan merubah warna gigi Anda menjadi kuning. Sikatlah gigi Anda setelah menikmati makanan tersebut.


6. Kecap

Mengkonsumsi kecap dapat meninggalkan noda pada gigi Anda, apalagi secara rutin dalam jumlah yang berlebihan. Jika Anda tidak ingin gigi Anda berubah warna, maka sedapat mungkin Anda kurangi konsumsi kecap.

7. Anggur putih

Mungkin Anda berpikir mengkonsumsi anggur putih ini aman-aman saja. Tidak akan mempengaruhi gigi karena tidak memiliki warna cerah, namun ternyata anggur putih ini dapat benar-benar memicu kerusakan gigi, dan dapat menyebabkan gigi sangat rentan terhadap noda. Anggur putih ini memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi, kata Irwin Smigel, DDS, yang adalah seorang presiden dari American Society for Dental Aesthetics.

8. Limun

Lemonade mengadung asam sitrat yang dapat merusak gigi Anda. Selain itu pula mengandung banyak gula yang merupakan kombinasi yang benar-benar sebagai perusak gigi. Apalagi jika Anda menambahkan irisan lemon ke dalam minuman tersebut akan lebih merusak, gigi Anda akan mengalami perubahan warna, oleh karena asamnya semakin tinggi.

9. Saus tomat

Saus tomat ini juga merupakan salah satu makanan yang dapat menyebabkan perubahan warna gigi. Saus tomat sangat asam dan tentu saja dicampur dengan zat pewarna makanan, itulah penyebab gigi Anda bernoda. Gigi jadi kusam dan rapuh.

10. Buah bit

Buah bit punya manfaat hebat untuk menambah HB (hema globin). Kandungan zat besi, tembaga, folat dan kalium yang ada dalam buah bit ini menjadikannya sebagai alat pembersih alami ginjal dan empedu. Namun buah bit ini dapat pula meninggalkan noda pada gigi. Segeralah menyikat gigi setelah mengkonsumsi buah bit.

11. Kopi

Pada umumnya semua orang menyukai minuman yang satu ini. Apalagi di Indonesia terdapat banyak sekali jenis kopi yang berasal dari daerah yang tak kalah kualitasnya dibandingkan dengan kopi di negara lain. Bahkan kopi asal indonesia yang sangat terkenal di luar negeri. Orang Indonesia sangat gemar minum kopi. Diketahui minuman kopi ini sangat bermanfaat bagi kesehatan karena kafeinnya dalam dosis rendah dapat membangkitkan stamina tubuh.

Selain bermanfaat bagi tubuh, kopi juga dapat merugikan antara lain, bila Anda minum kopi dalam jumlah berlebihan maka dapat meningkatkan terjadinya stroke, dan dapat meninggalkan noda kehitam-hitaman pada gigi Anda. Untuk itu sebisa mungkin Anda tidak mengkonsumsi kopi secara berlebihan. Kandungan enamel dan zat tanin yang ada dalam kopi itulah yang dapat menyebabkan gigi menjadi hitam.

12. Cola

Cola adalah minuman soda gelap, minuman berkarbonasi yang tinggi glukosa. Termasuk salah satu diet yang buruk bagi gigi, karena zat pewarna yang terdapat dalam minuman tersebut. Kemudian kita minum dengan es batu (saat dingin), dengan demikian Suhu dari pada soda yang dingin itu menjadi faktor penyebab gigi bernoda. Selain itu juga, asam sitrat dan fostaf yang terkandung dalam soda dapat mengikis enamel gigi, dan pemanis dalam soda dapat mempromosikan kerusakan gigi. Kurangilah kegemaran Anda mengkonsumsi minuman soda dan berkarbonasi.

13. Tembakau

Seperti diketahui bahwa, tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh pada umumnya. Tembakau sangat tidak bersahabat dengan gigi. Jika Anda mengunyah tembakau atau merokok, hal ini tentu saja dapat meninggalkan noda pada enamel gigi. Jika Anda tidak ingin gigi Anda hitam, dan kuning karena tembakau, lebih baik hindari.

14. Jus buah berwarna gelap

Kita tahu bahwa jus buah sangat baik bagi kesehatan tubuh, namun sayang kurang begitu baik bagi gigi. Warna gelap dari buah dengan asam tersebut dapat menyebabkan gigi menjadi kuning. Anda bisa saja memilih buah yang lain yang tidak meninggalkan noda pada gigi Anda.

Selain makanan dan minuman yang dapat menyebabkan gigi kuning, ada juga beberapa hal yang dapat mempengaruhi perubahan warna gigi yaitu:

1. Usia seseorang

Anda tahu, pada saat seseorang memasuki usia lanjut, maka hal tersebut dapat mempengaruhi  gigi. Gigi dapat berubah warna menjadi kuning oleh karena lapisan luar enamel gigi menjadi lebih tipis.

2. Obat-obatan tertentu

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti, antibiotik tetrasiklin atau doksisiklin. Adapun atibiotik ini jika diberikan kepada wanita yang sedang mengandung, maka efeknya adalah perubahan warna pada gigi anak(berwarna kuning). Ada juga obat-obatan lain yang dapat menyebabkan perubahan warna gigi seperti, klorheksidin yang terdapat dalam obat kumur, antihistamin, antihipertensi dan obat antipsikotik.

3. Trauma

Mungkin Anda bertanya apakah ada hubungan trauma dengan perubahan pada warna gigi? Sangat berhubungan, dimana pada saat kecelakaan mungkin saja ada pendarahan pada lapisan terdalam dari ruang pulpa gigi. Dengan demikian darah yang beku dan sisa-sisa jaringan pulpa membusuk. Hal itu dapat masuk kedalam tubulus dentin, sehingga terjadi pewarnaan dentin, dan kemudian menjadi penyebab perubahan warna gigi.

Demikianlah penjelasan tentang 14 jenis makanan penyebab gigi menjadi kuning, dan beberapa hal lain yang dapat mempengaruhi perubahan warna gigi. bermanfaat bagi Anda. Terimakasih sudah membaca. Salam sehat.
IkeCong
IkeCong Ia adalah seorang yang biasa-biasa saja. Masih banyak belajar. Penikmat sastra. Senang menulis Berbagai hal yang bermanfaat.

Post a Comment for "14 Jenis Makanan Penyebab Gigi Menjadi Kuning"