17 Manfaat Kesehatan Dari Brokoli

Inilah 17 manfaat kesehatan dari brokoli. Siapa yang tidak kenal dengan sayuran berwarna hijau tua yang memiliki segudang manfaat sehat bagi tubuh. Sudah pasti brokoli memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Brokoli diketahui mengandung berbagai nutrisi, vitamin dan sejumlah besar mineral penting dan semyawa organik. Brokoli juga memiliki nilai gizi yang sangat baik. Sejumlah besar vitamin C terkandung dalam brokoli. Vitamin B6, vitamin K, vitamin A, mangan, fosfor, folat, kalium dan kalsium juga ada dalam brokoli.

Brokoli merupakan sumber yang sangat kaya akan glocosinolates phytonutrisi plavonoid, dan banyak sekali senyawa antioksidan. Brokoli juga boleh dikonsumsi selagi mentah, antara lain dalam bentuk salad ataupun dimasak. Ada juga cara yang lebih baik dalam mengonsumsi brokoli ini yaitu, bila Anda mengukusnya. Mari kita lihat berbagai manfaat penting yang terdapat dalam brokoli ini.
17 Manfaat sehat brokoli
Brokoli. Unsplash

1. Menyehatkan jantung

Manfaat kesehatan dari brokoli ini termasuk untuk membantu dalam menyehatkan jantung. Kandungan serat, vitamin dan asam lemak dalam brokoli dapat membantu mengatur tekanan darah dalam tubuh dan dapat pula membantu mengurangi kolesterol jahat, dan dapat melindungi pembuluh darah dari kerusakan, juga mengatur tekanan darah, dan membantu dalam mencegah terjadinya stroke dan serangan jantung.

Brokoli juga memiliki sifat anti-inflamasi dari sulforaphane yang merupakan salah satu isothiocyanates (ITC) yang diketahui dapat membantu mencegah beberapa kerusakan lapisan pembuluh darah yang diakibatkan oleh peradangan masalah gula darah kronis.

2. Membantu mencegah kanker

Oleh para peneliti, brokoli diketahui telah terbukti dapat membantu mencegah kanker, seperti kanker payudara, kanker rahim, kanker prostat, dan kanker berbagai organ tubuh seperti paru-paru, hati, usus, dan ginjal.

Dapat dikatakan bahwa, brokoli paling berkasiat untuk kanker rahim dan juga kanker payudara, karena dapat menghilangkan estrogen ekstra yang ada dalam tubuh. Hal ini disebabkan adanya senyawa yang luarbiasa yang terkadung dalam brokoli yaitu; senyawa anti-karsinogenik yang kuat seperti glucoraphanin, diindolymethane, betakaroten, selenium dan nutrisi lainnya seperti vitamin A, vitamin B6, C, K, zinc, asam amino, kalium, mangan dan fosfor.

3. Sebagai detoksifikasi

Kandungan vitamin C, asam amino, dan sulfur dalam brokoli dapat membantu menghilangkan radikal bebas dan dapat membantu melindungi diri dari masalah yang berkaitan dengan racun seperti gatal, eksim, pengerasan kulit, bisul, asam urat, batu ginjal, rematik.

Hal lain yang sangat bermanfaat dari brokoli sebagai detoksifikasi adalah, adanya gluconasturtiin dan glucobrassicin adalah fitonutrien khusus sebagai pendukung detoksifikasi, juga menghilangkan dapat menghapus pencemaran yang samasekali tidak diperlukan.

4. Menyehatkan tulang

Brokoli diketahui adalah salah satu sumber terbaik kalsium yang diperlukan seseorang untuk melindungi kesehatan tulangnya yang melebihi susu biasa. Brokoli diketahui  sangan berguna untuk mengindari terjadi osteoporosis yang pada umumnya terjadi pada wanita yang sedang mengandung atau setelah mengandung karena mengalami kekurangan kalsium.

Selain mengonsumsi suplemen kalsium, Anda bisa juga memilih untuk mengonsumsi brokoli dalam jumlah normal secara teratur sebagai suplemen kalsium alami yang dapat membantu mencegah defisiensi kalsium.

5. Membantu mencegah gangguan perut

Salah satu keistimewaan dari brokoli ini juga adalah, memiliki tinggi serat yang dapat membantu dalam mencegah gangguam perut seperti sembelit, peradangan yang sering terjadi pada setiap orang. Adapun fungsi dari serat ini untuk membantu mempertahankan air dan membentuk gerakan usus yang sehat. Selain itu pula hadirnya magnesium dan vitamin dalam brokoli dapat membantu memperlancar pencernaan, menyerap nutrisi dengan baik terhadap asupan makanan.

6. Membantu mencegah anemia

Brokoli kaya akan besi dan protein tertentu. membuat ia berperan penting terhadap anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi dan protein tertentu. Tembaga yang ditemukan dalam brokoli ini membatu memproduksi sel darah merah. Dengan mengonsumsi brokoli dalam jumlah normal, maka Anda dapat merasakan lonjakan darah melalui tubuh Anda, yang kaya akan oksigen untuk menjaga sistem Anda berfungsi dengan baik.

7. Untuk kesehatan kehamilan

Brokoli sarat dengan berbagai nutrisi penting, dan sangat bergizi. Sangat bermanfaat bagi wanita hamil. Adapun nutrisi penting itu adalah kalsium, protein, anti-oksidan, vitamin, besi, fosfor, folat, yang merupakan hal penting dari setiap diet. Brokoli punya banyak serat itu sangat berguna bagi mereka yang gampang mengalami sembelit, yang sangat umum terjadi pada wanita selama masa kehamilan.

Kemudian folat yang ada dalam brokoli tersebut juga dapat membantu mencegah cacat lahir, seperti cacat tabung saraf yang merupakan masalah yang sering dialami para ibu hamil yang mengalani mal kurang) asam folat.

8. Membantu meningkatkan sistem kekebalan kulit

Betakaroten, vitamin C, vitamin lain dan mineral seperti selenium, tembaga, seng dan fosfor hadir dalam brokoli ini, diketahui sangat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan kulit Anda, sehingga melindungi Anda dari berbagai infeksi kulit.

9. Menjaga sistem saraf

Kalium yang terkandung dalam brokoli memiliki peran yang sangat penting dalam membantu menjaga sistem saraf Anda agar berfungsi dengan baik dan sehat dan juga berfungsinya otak.

10. Bermanfaat sebagai anti penuaan

Seperti yang Anda ketahui bahwa, vitamin C memiliki sifat yang sangat penting antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, sehingga mencegah dari kerusakan kulit. Adapun radikal bebas inilah yang memyebabkan terjadinya masalah kulit dan mempercepat terjadinya penuaan kulit.

Dengan mengonsumsi brokoli dalam jumlah normal secara teratur maka, hasilnya tidak mengecewakan yaitu membantu kulit Anda menjadi elastis dan meminimalkan garis-garis tanda ketuaan yang tampak seperti kerutan, dan pigmentasi. Brokoli juga mengandung betakaroten, vitamin B kompleks dan vitamin E yang berguna untuk memberikan kulit Anda menjadi cerah, awet muda dan tampak alami.

11. Untuk perawatan mata dan katarak

Kandungan vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin E, dan juga beta-karoten, yang ada dalam brokoli ini menjadikannya sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Zat-zat tersebut dapat membantu melindungi mata terhadap degenerasi makula dan katarak, selain itu pula membatu memperbaiki kerusakan yang terjadi akibat radiasi.

12. Membantu mengatur tekanan darah

Mineral yang sangat penting dan kromium yang berlimpah yang ditemukan dalam brokoli, membuat brokoli begitu penting dalam membantu berfungsinya insulin dan mengatur gula darah, sehingga dengan demikian dapat membatu mengatur tekanan darah. Selain itu, brokoli yang kaya akan vitamin juga memiliki pengaruh besar membuat sistem berfungsi dengan baik.

Tidak hanya itu, brokoli juga kaya akan serat, omega-3, asam lemak, magnesium, kalsium, kalium, yang dapat membantu dalam mengatur tekanan darah, dan membantu mengurangi tingkat kolesterol darah.

13. Mengatasi rambut rontok

seperti yang diketahui bahwa Antioksidan dan minyak biji brokoli, khususnya vitamin C dapat membantu mencegah rambut rontok dengan menghilangkan radikal bebas sehingga memberikan kontribusi penting untuk rambut sehat, subur, dan menjadi lebih lebat.

Vitamin B6 yang ada dalam brokoli diketahui dapat membantu mengurangi stres yang merupakan salah satu faktor penyebab rambut rontok. Selain itu juga brokoli mengandung zat penting yang dapat menghambat dhydrotesterone atau DHT yang terkait erat dengan rambut rontok.

14. Membantu regenerasi kulit

Zat glucoraphanin yang ada dalam brokoli yang akan dikonversi menjadi sulforaphane menyebabkan kulit sehat dan memperbaiki kulit yang rusak. Konsumsilah brokoli dalam jumlah normal, akan dapat berpengaruh pada perbaikan kulit Anda lebih cepat, sehingga kulit Anda tampak bersih dan bercahaya.

15. Membantu melindungi dari kanker kulit

Paparan sinar ultra violet secara langsung yang berulang dapat menyebabkan terjadinya kanker kulit. Seperti yang sudah ditulis di atas bahwa, sulforaphane yang ada dalam brokoli dapat membantu memberikan perlindungan terhadap radiasi UV dengan mengontrol kemerahan (eritma). Adapun dengan cara tersebut, maka secara signifikan mengurangi risiko kanker kulit.

16. Sebagai tabir surya alami terbaik

Brokoli diketahui lebih efektif dari pada tabir surya konvensional dalam melindungi kulit dari radiasi sinar ultra violet. Ini fakta bahwa, tabir surya hanya menyerap radiasi UV dan mencegah dari menembus kulit, sementara sari brokoli yang diusapkan langsung diserap kedalam sel-sel kulit dengan memproduksi matriks enzim pelindung terhadap kerusakan dari paparan UV.

Hal ini dapat dikaitkan dengan adanya zat kimia yang disebut sulforaphane yang mengurangi kemerahan kulit dan peradangan yang terjadi akibat paparan sinar UV.

17. Antioksidan tinggi

Brokoli merupakan sayuran hijau yang tinggi antioksidan, dan sangat baik bagi tubuh. Telah diketahui bahwa, dari semua sayuran, brokoli merupakan sumber yang paling terkonsentrasi vitamin C. Selain itu, karotenoid luten, zeaxanthin, dan betakaroten dan antioksidan kuat lainnya yang juga terkonsentrasi dalam brokoli ini.

Catatan
Sebaiknya Anda mengonsumsi brokoli dalam jumlah normal saja dengan porsi yang tepat. Pada umumnya brokoli tidak memiliki efek yang signifikan. Efek sampingnya tidak serius, dan yang paling umum terjadi ialah, gas atau iritasi usus. Meskipun demikian, Anda tetap perlu hati-hati. Memang brokoli memiliki banyak manfaat kesehatan, namun Pada beberapa orang mengonsumsi brokoli dapat menyebabkan ruam alergi, seperi beberapa senyawa kuat yang ada dalam sayuran dapat menyebabkan iritasi kulit.

Demikianlah artikel mengenai 17 manfaat kesehatan dari brokoli. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Salam sehat.
IkeCong
IkeCong Ia adalah seorang yang biasa-biasa saja. Masih banyak belajar. Penikmat sastra. Senang menulis Berbagai hal yang bermanfaat.

Post a Comment for "17 Manfaat Kesehatan Dari Brokoli"